Minggu, 01 Maret 2009

Cintaku Pada Ibu Mertuaku

Ya....dr mulai menikah sampe skrg aku masih numpang di Pondok Mertua Indah...ada suka dan pasti ada duka. Bulan-bulan  pertama biasalah aku lalui dengan pernuh hormat dan santun sebagai mantu yg numpang. Menginjak bulan ke enam atau kapan ya tepatnya..sudah mulai ada benturan, konflik, perbedaan pendapat..yg lebih parah ya klo rebutan perhatian cowok ( baca..suamiku ).

Sudah banyak masalah yg mengikuti kehidupanku selama hidup bersama dengan mertua. Jujur ya...kadang ada rasa benci..gak bisa nrima...jujur juga kadang kebencianku sulit diterima dengan akal sehat. Kapan saya mulai berubah...? tepatnya sejak saya melahirkan dan menitipkan Maiza ke beliau... walopun kadang masih ada gak cocoknya juga...
semisal..bubur yg saya siapkan gak dikasihkan semuanya...
ndongkol pasti...? trus apa yg aku lakukan...?
diem, enggak ngomel pasti, sama siapa ? ya sama suami lah...
** ya meskipun gak cocok sama mertua..aku gak pernah adu mulut atau adu muka dengan bliau **
gimana ngomelnya ? kira-kira begini...
" Klo buburnya gak habis gini..pasti maiza lapar...pasti nangis..
siapa yg repot ? kan aku dikantor ? "
klo bubur gak dikasihkan pasti minum susu nya banyak..yg beli susu siapa? ayah kan ?
hahaha...menang deh sya...besok-besok bubur pasti habis..
Mudah2an habis betulan dimakan maiza..bukan dibuang.

Kembali ke juuuudulll...
Sekarang aku berusaha untuk mencintai beliau..bukan dengan ngucap I love u, peluk, merangkul ... bukan-bukan saya bukan tipe orang yg begitu..sama Ibuku aja susah mo begituan kok.
Bagaimana bentuk cintaku , ya dengan meningkatkan sabar dan ikhlas..
Meminimalkan konflik...klo gak cocok lebih baik diam..
Semua konflik buang jauh-jauh...
Pikirkan semua kebaikannya...
Tapi ada beberpa point yg menyebabkan diriku tidak lagi bermuram durja dengan beliau
Apa itu ?
1. Karena beliau orang tua..yg layak untuk dihormati
2. Karena beliau ibunya suamiku..
    Suami mmg cinta sama aku..tapi pasti ada cinta sejati untuk Ibunya...betul gak ?
    Dan aku juga pengen besoookkkkk klo maiza udah gedhe waktunya menikah
    dan hidup dengan wanita pilihannya...dia gak melupakan Ibu Dian...
3. Tanpa beliau...maiza pasti sudah diasuh sama pembantu...
    Pasti beda sayangnya pembantu sama sayangnya nenek...
    Terlebih lagi aku gak perlu repot dan bingung nyari pembantu...
    Alhamdulillah...gak keluar uang untuk pembantu
4. Aku numpang di rumahnya..gratis tanpa bayar kontrak...Alhamdulliah ..

Yuk..yuk..mari-mari...siapa saja yg masih berkonflik sama mertua...mari berbaikan...

* mosting ini karena inget Ibu  di rumah yg lagi ada konflik sama mantunya..huhuhuhu *




55 komentar:

  1. wah sama ya....
    yang namanya perbedaan pasti ada..tapi kalo nginget prinsip prinsip diatas ...bisa membuat kita tersadar bahwa ibu mertua juga adalah ibu kita ...:D

    BalasHapus
  2. mertuku jauuuuuuuuuuuuuuuuuh......

    BalasHapus
  3. Mengerti mertua emang gak mudah :)

    BalasHapus
  4. iya..jeng..cuma kadang susah banget meyadarinya

    BalasHapus
  5. susah2 gampang sih, tapi kalau ingat suatu saat nanti kita bakal menjadi mertua ya, harus berusaha memahami aja deh, namanya juga orang tua

    BalasHapus
  6. brarti bebas masalah dnegan nertua dong ? atau masih ada juga ?

    BalasHapus
  7. betul sekali bun.....sudah ngalami soalnya

    BalasHapus
  8. aku juga baru tersadar kok....setelah sekian lamaaa..smoga gak telat

    BalasHapus
  9. alhamdulillah kalau bisa mengambil sisi positifnya...

    BalasHapus
  10. Wew..Lucu juga ya neneknya maiza juga lg ada masalah sama mantunya,

    pasti gara-gara itu yah sadar, qiqiqi

    BalasHapus
  11. Wez biasa mb, aq drmh m ibu jg g cocok m mas ipar tp y cb dbikin enak aja
    ibu mw ingetin kalo dy slh tp g enak,akhrny diem aja
    asal jgn dlama2in konfliknya

    BalasHapus
  12. hukum alam, mbak : mertua perempuan vs mantu perempuan...he3x...
    banyak orang bilang "enak yah, tinggal ama mertua, ayem"...
    kalo saya, jujur...sallluuuttttttt bangeeetttttt ama para mantu yang bisa tinggal bareng mertua, apalagi yang kaya mbak dian, bisa (setidaknya mencoba lah, he3x) selalu akur ama mertua...two thumbs up!!

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah umi.....walopun nyadarnya telaattt

    BalasHapus
  14. emang iya kok..gara-gara itu..xixixi hatiku nelongso ibuku diperlakukan tidak adil sama mantunya...

    BalasHapus
  15. klo aku sih pke jasa perantara suamiku dewe fan...nanti dia yg bakalan negur atau ngomong klo aku ada gak cocok sama mertua...kadang juga suamiku yg menyemangati saya untuk sabar...

    BalasHapus
  16. Makasih Ilen ...akurnya juga baru-barus aja kok..akur yg standard aja..yg penting gak mancing permasalahan..itu saja..

    BalasHapus
  17. adda ajjjjjaaaah.... wuehehehe... jenenge wong urip jeng....

    BalasHapus
  18. xixixi....mau tahu aja aku ini..sukses ya..big sister...

    BalasHapus
  19. tengkyu banget jeng !! sukses juga ya !!!

    BalasHapus
  20. postingan yang menyentuh mb dian...hiks hiks hiks
    memang ortu suami jadi ortu kita juga..

    BalasHapus
  21. :->, sama ya dimana2...selalu ada sedikit konflik..sama ibu sendiri kdg gak cocok,..tp ya kembali lagi semua ortu niatnya baik, mungkin cara penyampaiannya salah..kadang kitanya juga gak bisa bicara lebih baik..hiks..kalo aku sepertinya masih harus lebih mengenal baik mertua maupun ibuku...:-<..ah kok curhat..sudah ah..jadi sedih sendiri..

    BalasHapus
  22. alhamdulilah aku dikaruniai mertua yg mengerti dan sayang sm aku, meskipun aku ga pernah numpang sm mertua dan gak pernah konflik soalnya berjauhan hehe.., karena aku menantu cewek satu2nya jd aku merasa senang bisa diterima disayangi sm mertua, tp memang bener mb dian...disaat usia kita bertambah diikuti kesabaran kita bertambah..smg kita selalu rukun2 sm keluarga....amiiin

    BalasHapus
  23. mertua saya udah berpulang dua2nya,.........hiks....hiks....

    BalasHapus
  24. aduuuuh jadi inget ma ibu mertuaku yang baik banget....

    BalasHapus
  25. Namanya bergabung dengan keluarga baru, kadang kita yang dulu dari kecil serumah ama kakak adik juga kadang gak cocok, apalagi yang belum lama ketemu keluarga baru, dijalanin aja.... seiring dengan waktu.

    BalasHapus
  26. iya mbak..cuma aku masih sering mbeda-mbedain..pdhl kan seharusnya enggak

    BalasHapus
  27. jangan sedih dong....smua orang punya masalah kok..yuk di sharing...thanks ya udah mampir

    BalasHapus
  28. sorry mbak hanum....al fatehah buat beliau berdua ya...

    BalasHapus
  29. makasih mbak evi...;)* namanya sama kayak kakakku yg sulung*

    BalasHapus
  30. hihihii....aku kadang masih susah nerima "ibu mertua" sama spt "ibu kandung"

    BalasHapus
  31. ibu mertuaku sudah meninggal habis lebaran maren :( secara emang ga pernah tinggal bareng, karena dari awal merit dah janjian ma suami, kalo gamau ikut di keluarga dia/ku, jadi ya bener2 ga pernah nyampur :) yang ada emang ga pernah berkonflik, malah dikangenin muluk wong dateng juga bisanya wiken, kalo pas bisa :)

    kalo tinggal seatap memang pasti akan terjadi gesekan, ga cuman ma mertoku, ma ortu sendiri juga sama aja kan jeng :)

    yaa kalo udah ngalah, anggep aja ladang pahala :) *sokk tuwirr*

    BalasHapus
  32. Alhamdulillah aku gak ada masalah dg mertua. Bahkan kompak banget. Sempet berconspiracy akhir minggu kmrn buat nge-gol-in rencana ke bandung bareng2 kekekekekkk.... *o iya.. aku gak tinggal sama mertua, tp blio sedang ada disini sejak November kemaren*

    BalasHapus
  33. sama lah kayak aku jeng....berat tapi mmg harus.

    BalasHapus
  34. semoga saya juga ikhlas....tapi suer belum seindah hub ku dengan ibuku sendiri...emang beda kali ya...??

    BalasHapus
  35. indahnya duniamu mbak......;) * ngiri *

    BalasHapus
  36. iya nih, tapi saya bisa merasakan kalo gabung dengan mertua tuh harus pandai2 menjaga sikap dan lidah ya....betul tuh mbak, kadang2 sama ibu sendiri juga bisa gak se-ide apalagi sama ibunya suami ya kan...salut deh buat mbak dian...

    BalasHapus
  37. makasih mbak sharingnya :) keinget kakak ipar yg tinggal di rumah, kita2 malah merasa ibu lebih sayang menantunya daripada anak2nya sendiri hahahaha.... maklum krn si kakak ipar emang baik, manis dan penyayang, ngga seperti kita2 yg bandel mulu :))

    BalasHapus
  38. betul itu mbak...toleransinya harus tinggi..tapi saya juga bandel kok mbak...suka seenaknya sendiri...mungkin ini kombinasi yg tepat, kita berdua ( saya dan mertua ) sama2 gak nyinyir..coba klo salah satunya nyinyir...bisa gak akur mbak.

    BalasHapus
  39. hehehe....mmg yg muda harus mulai dulu kali ya mbak...yg muda ngalah sama yg tua..nanti yg tua juga ngikutin...salut deh buat kakak iparnya.

    BalasHapus
  40. Wah, pelajaran yg bagus.Saya harus siap2 deh klo nanti harus tinggal di PMI dulu ;-)

    BalasHapus
  41. biasanya sih cowok gak banyak masalah....tapi ya siap-siap aja deh..;)

    BalasHapus
  42. siap2 ikut bantuin ngecat rumah, betulin genteng, dll. Padahal di rumah klo disuruh sama bokap suka bilang,"udah lah,pak. Suruh orang lain aja. Ntar Bagus yang bayarin" hehe...

    BalasHapus
  43. sabar mba dian, aku juga pernah tinggal ma mertua lama n tanpa suami pula, Alhamdulillah ga pernah ada konflik (atau mungkin akunya yang g hirau..hehe); kalo kata ibuku sayang ke ibu mertua harus sama sayangnya kayak ke ibu sendiri...mudah2an mba Dian tambah cinta ya ke ibu mertua

    BalasHapus
  44. amin...mudah2an..thank supportnya

    BalasHapus
  45. ibu mertua kita kan ibu kita juga mba, jadi ya memang sudah seharusnya kita sayang & hormat terhadap blio. ;)

    BalasHapus
  46. iyah emang, kadang suka mangkel kalo ada kejadian gitu ya. alhamdulillah aku sih belum pernah, tapi kadang beda pendapat ya pernah juga. wajar lah ya

    kalo aku sih ingatnya beliau yang melahirkan mas fery, kalo gak dididik beliau, gak mungkin aku mau sama mas fery... heheheh...

    BalasHapus
  47. nah itu dia...yg memang harus kita ingat terus.....tanpa campur tangan beliau..suami kita gak akan sesukses sekarang.

    BalasHapus
  48. kata dosen saya, suatu prestasi seorang mantu bisa akur dengan ibu mertuanya. Dan saya berikan standing applaus buat jeung maiza plok..plok..plok...

    BalasHapus
  49. ceiehhhhhhhhhhhh...gak segitunya kali ded...biasa aja lah...nantinya juga kmu akan menuntut istrimu untuk menghormati dan menyayangi ibumu tercinta...btw thanks apresiasinya

    BalasHapus
  50. Sebagai anak menantu yang baik adalah yang tidak membedakan antara ibu kandung dan ibu mertua ....,sedangkan sebagai mertua yang baik adalah yang lebih sayang ama menantu dari pada anak kandungnya .... betul gak karep aku iki ????

    BalasHapus
  51. wah njaluk menang dewe tek iki..wakakaka

    BalasHapus