Rabu, 22 April 2009

Hari kartini ...??

    Tgl 21 April kan ya...? banyak tuh yg mempertanyakan kembali hakikat perjuangan seorang kartini, apa yg sudah dia perbuat ? seberapa besar powernya untuk mengubah Indonesia? Jujur saja banyak yg meragukan kiprahnya yg halus, yg gak nampak ada perjuangan yg menggebu-gebu untuk memajukan wanita, hanya bermodalkan surat dan impiannya, yahhh impian, harapan, cita-cita dan apalah itu namanya. Sadarkah kita bahwa banyak orang " besar " yg menjadi lebih " besar" karena pemikirannya saja, karena ide nya saja, karena pola pikirnya saja. Saya tekankan kata saja karena skrg pun banyak orang yg dengan ke saja an nya bisa menjadi besaaarrr.

Saya bukan mau membahas itu, terllau berat boo..hehehe..saya  bersyukur dengan apa yg saya jalani skrg, bisa menjadi wanita yg maju, yg tidak terkungkung oleh kebodohan dan kekuasaan yg gelap. Alhamdulillah...

Sekedar bercerita saya dibesarkan di kota jepara yg notebene adakah kota kelahiran Ibu Kartini. Sebagai yg pernah sekolah..ya iyalah...saya pasti mengingat tgl 21 sbg suatu momok yg sangat menakutkan skligus agak menjijikkan..pada saat itu , why..?? karena tiap tahun, tiap tgl tsb...smua anak sekolah TK, SD, SMP, SMA smuanya harus dandan ala kartini, yg cewek yg cowok ya ala kartono. Sudah bisa dipastikan smua salon penuh, jauh-jauh hari sudah harus hunting salon, ngepas baju, nyari omprengan tidak lain biar selamat sampe sekolahan,biar kondenya gak lepas, biar jaritnya gak mlorot hehehe, gak lucu kan klo sudah dandan koyo lenong harus naik bis...hehehe. tapi klo Dian sih pernah-pernah aja, la pye..pas habis upacara, bayangkan sodara-sodara upacara pke baju kebaya plus konde yg berat dan dandanan yg tebel...tengok sana-sini kok gak ada sing di nunuti pulang, yo wes lah naek angkot aja...muka tebal aja deh....nyatanya emang udah tebel krn bedak hahaha.

Ya...begitulah salah kaprahnya perayaan hari kartini, khususnya di jepara..seumur-umur saya sekolah disana tidak pernah dikenalkan ttg siapa itu kartini, kecuali baca sendiri dan itu referensinya sangat terbatas. Sekali saja saya ke musium kartini... Yg saya tangkap tiap tgl 21 adalah ibu-bu yg bingung nyarikan baju adat untuk anaknya yg TK dan SD. Untuk yg SMP dan SMA juga sama sibuknya....borosss..sangat ditakutkan klo anak-anak skrg tidak tahu kartini tapi sllu menjalani rutinitas dandan ala kartini dan kartono tanpa tahu hakikatnya. Saya menangkap tgl 21 hanya dinikmati sbg hari nyalon, hari untuk mempercantik diri, hari untuk susah.

Tapi skrg saya bangga..krn ternyata di daerah yg saya tempati skrg gak ada perayaan yg besar-besaran...kangen juga neh..ngikutin acara kartinian...subuh-sbuh ngonthel sepeda menuju salon, latihan jalan, ikutan peragaan busana, ikut lomba merangkai bunga, ikut lomba pidato, pasang dasi. Kangen ngurai rambut bekas sanggul, kangen sgala keributannya.

Apa pesan moral dr perayaan hari kartini...?? Klo punya cita-cita segera diwujudkan...klo tidak memungkinkan diwujudkan di tulis, sampekan ke orang laen ...siapa tahu pemikiran kita bisa menjadi sejarah di dunia ini...smoga...siapa tahu kelak kita menjadi kebanggaan anak cucu kita karena pemikiran kita yg agung.

Ibu Kartini, siapapun engaku, apapun yg engkau perbuat..engkau adalah tetanggaku hahahaha....smoga pemikiranmu bener-bener dimanfaatkan oleh wanita Indonesia untuk maju.



14 komentar:

  1. hia ha ha, yang pasti pada saat hari kartini, salon-salon pada full booked dan para hairdresser sibuk menyanggul hi hi

    BalasHapus
  2. benul sekali..h2c klo sampe gak kebagian salon

    BalasHapus
  3. makanya mb di, hari kartini cuma sekali dlm setahun kalo tiap hari hari kartini bisa bangkrut yg dandan ke salon terus hehhehe.....yg pasti selamat hari kartini juga ah...hidup wanita indonesia..

    BalasHapus
  4. yang penting semangatnya kan, pake sanggul ato tidak mestinya tidak masalah

    BalasHapus
  5. kasian kartini... hanya mementingakan penampilan aja ketimbang isi...


    he... untung lah blm pernah ngrayain kartini di sekolah pake kebaya dan segala macem nya....hi....

    BalasHapus
  6. dasar kamu lucu....

    eh tau gak, aku suka mikir gini, kok orang bisa betul betul mengagung agungkan kartini, tapi seperti melupakan pahlawan perempuan tetanggaku...R. Dewi Sartika. padahal beliau tidak hanya menulis pemikirannya saja, tapi sudah berbuat...sekolah perempuan pertama di bandung itu didirikan oleh beliau, di halaman rumahnya...dengan beliau sendiri sebagai gurunya.

    kasian ya.....

    BalasHapus
  7. aku wes capek jeng...jadi pas ngantenan wes ora kaget...la tiap tahun nyanggul

    BalasHapus
  8. betul juga sih...karakteristik untuk menjadi pahlawan apa yo ?

    BalasHapus
  9. Kartini juga punya sekolah kok, nih kutipannya dari wikipedia:
    "Suaminya mengerti keinginan Kartini dan Kartini diberi kebebasan dan didukung mendirikan sekolah wanita di sebelah timur pintu gerbang kompleks kantor kabupaten Rembang, atau di sebuah bangunan yang kini digunakan sebagai Gedung Pramuka.

    http://id.wikipedia.org/wiki/Kartini"

    Mungkin Kartini lebih terkenal dari Dewi Sartika karena lebih beruntung mempunyai koresponden yang menerbitkan tulisan-tulisannya.
    Mungkin juga karena Kartini lebih dulu ada daripada Dewi Sartika? Tapi apapun toh Dewi Sartika juga merupakan Pahlawan Nasional (cmiiw ya, kayanya dl di buku sejarah sih begitu) dan mereka adalah para perempuan hebat di jamannya, yang berani berpikir, bermimpi dan berkarya diluar batasan yang dibentuk oleh lingkungannya. Sayangnya peringatan hari "kebangkitan" perempuan ini tidak dimaknai secara dalam. Malah menurut saya berpakaian daerah, kebaya, sanggul sama sekali tak bermakna, walaupun kadang seru juga sih hihihi.

    BalasHapus
  10. thanks jeng infonya...
    setuju dengan tulisanmu..kartini diuntungkan denagn hobinya berkorespondensi...itu satu bukti klo kartini juga cerdas sekaligus punya network yg okeh punya.

    BalasHapus
  11. tp Di.. yg gw sampe sekarang msh blon nemu korelasinya (halah bahasanya).. kenapa koq tiap hari Kartini diperingati dengan baju daerah ya? bukannya klo pas Sumpah Pemuda ya klo pake baju daerah? xixixixixii isenk dot kom

    BalasHapus
  12. Nah itu juga yg aku gak ngerti....:) klo masih kayak gini terus..siap-siap suatu hari nanti diributin cari baju adat buat maiza..:D gak bisa ngelak hehehe

    BalasHapus