Senin, 15 Desember 2008

Wonder Woman ( I )

Julukan itu pas untuk Ibuku, yg memang hebat. Wanita hebat sepanjang masa, yg sllu banyak akal, pantang menyerah dan pinter.
Ibuku dilahirkan tahun 45 dr keluarga semi feodal tapi kental nuansa agamanya. Gak heran klo Ibuku juga sedikit beraliran feodal untuk mendidik anaknya, gak boleh dibantah, modelnya I'm the boss, no argument, no asking..hehehe...Ibuku sekolah sampe sma kelas 2 aja, keburu resesi ekonomi dan harus balik kampung untuk mbantu mbahku, dan akhirnya menikah. Setelah menikah harus ditnggal sama Bapakku ( dulu AL ) untuk tuga belajar di Rusia, hampir 2 tahun. Setelah itu baru hamil anak pertama dan sungguh hebat Ibuku, diberi kekuatan fisik untuk hamil lebih dr 10 kali ( ada yg pernah keguguran ), pernah melahirkan 10 anak !! tapi ada yg meninggal 2 orang ( kakakku ), jadi skrg saya 8 bersaudara.
Tentu bisa dibayangkan bgaimana repotnya Ibuku untuk membesarkan 8 anak agar cukup pangan, sandang dan papan dan sekolah ? Dengan jarak sekitar 2 tahuan untuk anak pertama ke dua dan berikutnya, tentunya sangat repot. Dulu ceritanya Ibuku jaman tahun 66-73 adalah masa keemasan, dimana setiap anak satu pembantu ( waktu itu Ibuku baru punya 4 anak ), dan semuanya ngedot susu formula. Tapi setelah thaun itu keadaan berbalik arah, perdagangan kolaps, modal habis, kena tepu, asuransi gak bisa cair, dengan kata lain bangkrut.
Saya dilahirkan di masa sulit, sesulit saya menghirup udara bebas. Ya dr lahir saya sudah jena flek paru-paru, dr umur 3 bulan sudah harus menjalani terapi di rumah sakit, berbulan-bulan, sampe umur 3 tahun. Uang dr mana ? tapi Ibuku sanggup nebus biaya rumah sakit, gak tahu uang dr mana, yg pasti utang lah....
Saya baru bisa berdiri tegak dengan kaki sendiri , halah, maksud saya, sudah gak sakit-sakitan , ya pas masuk SD. Mau gak mau Ibuku harus melepas saya sekolah, dilatih jalan kaki, klo capek ya naik becak. Semuanya diladeni, tasku nyantolnya di pundake mbakku, klo saya capek saya bebas gak sekolah sore ( madrasah ), malemnya dipijeti, tidur dikeloni, gak lupa spreinya masih dialas lagi pke kain jarit ( saya ogah klo kotor sedikit ), punggung dielus-elus. wes jan bikin iri saudara yg laen. Karena  klo saya capek pasti langsung drop.
Setiap pagi Ibuku harus bangun jam 02.30 untuk tahajud, masak, nyuci dan mbogkar es. ya ibuku usaha es lilin waktu itu. Es gak bermutu, yg memakai pewana sembarangan, air mentah dan essence murahan. Tapi justru ini yg mengantarkan kami, lulus kuliah, berkah dr es lilin. Punya 4 lemari es, yg terisi pernuh es lilin, yg dinginnya aduh bikin jari tangan mati rasa. Tapi Ibuku gak pernah mengeluh, semua dijalani demi anaknya bis sekolah, beliau sllu berucap, "nang , nduk sekolah sing pinter, Ibu Bapakmu wes ora nduwe opo-opo, ilmu mu kanggo awakmu sesuk.
Kesulitan ekonomi masih bergelayut dikeluarga kami sampe akhir tahun 94 an ( aku masuk SMA ). Tiap pagi hanya sarapan dengan lauk¼ telor asin, atau seiris tempe goreng, atau teri goreng sudah biasa. Yg penting uang saku tidak pernah kosong, Walo sedikit hanya cukup untuk naek bis/ angkot sudah alhmadulillah. Kalau musim hujan itu berarti kita harus bener2 ektra irit, karena jualan es gak laku. Beli ayam potong ¼ kg cukup untuk sekeluarga, yg kebagian makan daging ayam hanya anak2 yg sekolah SD, yg diatasnya cukup kuahnya saja.
Masuk sekolah, dengan status gak jelas, karena belum daftar ulang itu langganan kita hahahaha…..dengan seragam yg kainnya sudah luntur ( lungsuran dr mbaknya ) karena seragam baru belum tertebus, ada yg belum ditebus di koperas sekolah atau belum bisa bayar penjahit, itu sering terjadi di keluarga kami. Saking sulitnya,ekonomi,  pegadaian dikota kami sudah gak nampung / gak mau nrima barang kita. Mau gak mau harus pindah pegadaian. Yg digadaikan bukan barang berharga, cukup kain batik tulis Ibuku peninggalan masa jaya. Barang pecah belah atau sepeda onthel, psssttt sepedaku masa SD aja sudah ke lego dijual untuk masuk sekolah kakak saya. Tapi semuanya harus ikhlas, gak boleh ada yg merajuk.. Utang ke bank thithil ( bank pasar ) sudah langganan, sampe pinjem nama tetangga, karena nama ibuku sudah kepake. Yang tiap jam 12 datang untuk nagih. Tapi Ibuku top abis, Karena tahu klo anaknya sebenarnya malu klo ketahuan temannya Ibunya  utang di bank thithil, jadinya Ibuku wanti-wanti klo nagih sebelum anaknya datang. Karena sudah langanan, orang kooperatif banget, nunggak juga gpp. Saya masih inget betul wajahnya seperti apa, bener2 gak pernah marah klo pas nagih.
Ada satu peristiwa yg aku ingat, aku masih SD kelas 4, kakak saya masuk SMA dan harus daftar ulang, Ibuku sudah gak tahu lagi harus utang kemana lagi, smua jalan sudah tertutup, dan amazing giwang yg sudah berbulan2 ilang sebelah, akhirnya ketemu di selokan pembuangan air, pas Ibuku korek-korek sampah. Mukjizat, langsung dicuci dan disandingkan dengan sebelahnya, ngacir ke toko emas, dijual. Saking seringnya jual beli atau  gadai, sampe enciknya yang punya toko kasian sama Ibuku, bukan gadai lagi, tapi titipin disana dengan harga yg lumayan dan gak ada limit. Jadi nanti klo sudah punya uang ya diambil lagi. Kita susah tapi masih banyak orang yg mau bantu kita. Alhamdulillah.
Teruntuk Ibuku menjelang hari Ibu.

27 komentar:

  1. subhanallah !!!
    titip sungkem buat ibu yaaa !!

    BalasHapus
  2. ini kisah mom sendiri??
    aslii bikin terharu banget...
    belakangan tiap baca tulisan sis bikin mata berkaca2 mulu neh

    BalasHapus
  3. benar2 wonder woman.. mba.. salut !!

    BalasHapus
  4. Wah, ibunya hebat banget mba.. Salut..

    BalasHapus
  5. aduh dian, bersyukur banget punya ibu seperti ibunya dian...apapaun dilakukan untuk anak...

    ah, aku peluk ibuku dulu ah...

    BalasHapus
  6. Knp ya, menurut pengamatan saya, ibu2 lbh kuat drpd bapak2? Coba liat deh, lbh byk duda yg nikah lg drpd janda yg nikah lg.

    BalasHapus
  7. Ayo, menjelang hari ibu, ramai2 kita kasih kejutan ke ibu kita ;-)

    BalasHapus
  8. Subhanalloh Ibu memang hebat, semoga keikhlasannya, kesabaran dan kekuatannya mengantarkan beliau pada kedudukan yang tinggi dihadapanNya.

    BalasHapus
  9. bener-bener surga ditelapak kaki ibu

    BalasHapus
  10. yup...memori di keluarga kami, mengharukan dan penuh perjuangan. itu yg bikin kami malu utnuk menyearh dengan keadaan

    BalasHapus
  11. makasih....dia pahlawan keluarga, bapak juga seh

    BalasHapus
  12. walo kadang kejam juga seh jeng..xixixi tapi smua itu dilandasi sayang jadi ya never mind.

    BalasHapus
  13. makanya itu aku pengen banget seperti ibuku, semua potensi dikerahkan untuk keluarganya

    BalasHapus
  14. masak sehh....mungkin karena Ibu lebih perasa jadi mikir-mikir klo harus bertindak

    BalasHapus
  15. Amien...smoga amalan Ibu mengantarkannya ke surga.

    BalasHapus
  16. Bener bgt kalau surga itu berada di telapak kaki ibu

    BalasHapus
  17. waa..hebat banget ya perjuangan ibunya mbak, membesarkan 8 orang anak..jadi inget ibuku, aku belum bisa membahagiakan beliau, malah sering bikin sebel ibu kayaknya...hiks..hiks...maap ya bu..

    BalasHapus
  18. ya..ya..ya saya juga begitu kok mbak

    BalasHapus
  19. *ambil tisyu...srut..srutt menyusut air mata*
    huaaaa tak sanggup mbacanyaa....ibu...oh ibu...

    BalasHapus
  20. jangan lupa buang tissuenya yo...hehehe

    BalasHapus
  21. tempat sampahnya di mana ya Bu ???
    *nanya muluk kaya tamu hahahaha*

    BalasHapus
  22. hebat banget ibunya, huaaaaaa pengen nangis, kangen ibuku di bdg.....

    BalasHapus
  23. ini hanya pengingat aja kok say...dibalik keberhasilan kita ada jasa Ibu yg maha besar.

    BalasHapus