Selasa, 25 November 2008

Minta advisenya dong..!

MP ers, mo minta saran nih...saya kan pke IUD / spiral untuk kontrasepsi. Nah efeknya kan di menstruasi yg buaaanyak dan lammma. Klo banyak sih bisa lah diatasi, masalah yg timbul ya.. tebak-tebakan sama diri sendiri  , tembus ya..?? oh gak, thanks god... nah yg bikin bete itu lamanya itu lho... bisa dua minggu lho.. minggu pertama mmg intens kluarnya ya banyak, trus berkurang sedikit2. Yg minggu kedua itu yg gak intens kadang kluar, ntar seharian gak kluar. Jadi binun saya, sudah bersuci... sudah sholat sehari, eh hari berikutnya nongol lagi, tapi ya gitu sakiprit.
Dulu pernah konsul sama dokter, katanya ya mmg gitu klo pke spiral... tapi gimana dong sholatnya? jadi was-was dan bimbang nehh, ini sebenarnya darah mens atau darah apa ?
So teman2 minta sarannya dong..enaknya gimana?

40 komentar:

  1. hehehe nga ada pengalaman... justru lagi mau nanya2

    BalasHapus
  2. memeng begitu Bu, jadi kl aku siy ya sering2 bersuci deh

    BalasHapus
  3. Kebetulan aku juga pake spiral
    dulu waktu awal2 emang agak lama n banyak banget
    Sekarang sich udah normal seminggu aja

    Tapi aku pernah baca katanya kl pake spiral memang jd lebih panjang mensnya.

    BalasHapus
  4. klo ga salah aq pernah denger pas pengajian, u ngitung hari mens qt ya mens yg normal biasany qt dapet berapa hari trus sisanya berarti itu darah penyakit jd qt boleh solat, klo ga salah ya mba hehee...

    BalasHapus
  5. mau nyoba juga neh mom...relatif aman kok, dan sekali pake, sekali bayar juga

    BalasHapus
  6. Waduh Dian gw KB alami ber-kondom ria aja hehehe
    Gw juga kaga mau spiral karena haidnya ya gitu deh kebanyakan & kelamaan :(

    BalasHapus
  7. iya juga sih bu... nah dr hari sabtu sampe hari ini udah 3 kali bersuci, jadi bolong2 gitu sholatnya, dapat sholat dhuhur, asharnya nanti enggak bisa...hiks

    BalasHapus
  8. sudah berapa lama makenya mom ? klo aku sudah hampir 2 taon neh

    BalasHapus
  9. maunya juga ngikutin yg itu jeng... masih korek2 info lagi

    BalasHapus
  10. iya juga sih... btw suami gak komplen tuh pke kondi ?

    BalasHapus
  11. sy pake spiral setelah fatan 40hr ampe skrg fatan 10m2d blom dapet mens juga.. gmn dong mbak? *duh maaf mlh balik nanya*

    BalasHapus
  12. aku jg pake IUD spiral dan Alhamdulillah sih mens paling lama 7 hari loh... emang klo lg buanyak bisa sehari ganti minimal 5 kali (selama di kantor doank loh), tp abis itu berkurang dan bersih di hari ke 7 or 8 lah.
    Aku pernah baca (tp lupa lagi sumbernya) dna pernah nanya jg pas ikutan pengajian, klo max 15 hari lah yg disebut darah haid. Setelah itu udah boleh sholat lagi. Coba tanya2 ama guru ngajinya deh.

    BalasHapus
  13. wah....sama nih kasusnya sama yg aku alamin skrg ini. Sebelumnya aku pake IUD tapi sama sekali ngga mens and ngga lama juga agak kelepas.so dicabut aja sekalian ( ama dokter ). Trus aku pake IUD ama dokter lain, eh..kejadian tuh sama persis...mens minggu pertama banyak ..malah aku sempat nembus celana dikantor walah..ngga kerasa banyak. Trus minggu kedua sama sedikit tapi keluar trus nggak...nah...kalo dah 10 hari..aku cuek sholat walaupun dicelana ada coklat /mens dikit giut....yg pasti itu bukan darah mens. kita sholat aja.. Dan katanya kt akan terus begitu selama 2 tahun. setelah 2 taon ..nga seperti itu lagi.. nah.ak belum tau nih .bener ato nggak...

    BalasHapus
  14. kalo banyak iya, kalo lama , aku enggak sih.., ya normalnya s/d 7 hari gitu. coba konsul lagi

    BalasHapus
  15. sama yah kyk aku..dan moms lain yg pake IUD.. Sempet juga ngeluh sama ibuku, tapi ktnya y emang gt..kl pas ga ada y sholat..kl ada y engga (alias bolong2)..but biasanya g lbh dari 2minggu...

    BalasHapus
  16. aku pakai udah sekitar 1 thn setengah, haid jd lebih banyak tapi waktunya sih msh normal2 aja, paling lama jg 8 hari

    BalasHapus
  17. aku baru psg IUD 2 minggu yl..dan ga ada mslh mpe hari ini...dulu IUD yg anak ke 2..juga ga mslh...emang mensnya kaya banjir...tp kalo dah selesai mens nya...gak crat crit tu Mbak...max men 8 hr...kdg 5 hari ga mesti...

    BalasHapus
  18. setahuku kalau sudah lewat 15 hari berarti sudah bukan darah haid lagi, jadi sudah wajib sholat, gitu jeeeeng....
    kalau mmg iprit-iprit keluarnya ya mendingan nunggu 15 hari dulu baru sholat kali yeeee ?

    BalasHapus
  19. mungkin karena masih menyusui ? hehehe gak tau juga sih..mending konsul lagi aja jeng

    BalasHapus
  20. itu mmg yg selama ini jadi acuan saya mbak, cuma pas masa bersih yg cuma sehari itu lo? enaknya sholat apa enggak ?

    BalasHapus
  21. klo yg seperti ini sih sering bgt aku mbak... jadi siap2 bawa spare cd dan pembalut yg buannyak

    BalasHapus
  22. seharusnya sih gitu mbak erna... smoga malesnya ilang

    BalasHapus
  23. itu yg terjadi sama aku skrg jeng, jadinya mmg bolong2, mosok maghrib sholat, isya sudah enggak, capek juga sih

    BalasHapus
  24. trus yg terjadi sama aku itu knapa ya ?

    BalasHapus
  25. selama ini saya klo bersih yg bersuci, sholat, klo kluar ya gak sholat nanti bersuci lagi...wadohh.... rambutnya ini llo... bisa rontok karena keramas terus.

    BalasHapus
  26. jeng...waktu masih nyepiral, aku juga banjirr..jirr mensnya...
    Jadiii ga pernah tuh kalo hari kedua mpe ke lima pake pembalut biasa. Kudu pake CHARM yang night bersayap...mayan teratasi, taoi kudu sering2 ganti juga seehh :)

    paling males kalo lagi travelling, dan ga nemu toilet yang memadai buat gonta ganti pembalut..huaaaaa...

    BalasHapus
  27. sama persis dengan aku mbak...harus pake pembalut malam, klo enggak dijamin mallluuu..karena tembus, pernah kejadian soale.

    BalasHapus
  28. haaahhh....... kudu copot dulu dong...hiiii takut.

    BalasHapus
  29. jadi ikutan baca...ak baca sambil meringis...
    besok² ak konsul ma mbak dech... hehehehe
    kalo dr ak baca mbak...mending periksa lg kedokter... emank kalo normal aja...tanya aja ma ustadzah or Nyai yg bisa ditanyain soal sholatnya itu...

    BalasHapus
  30. yach... ini emang resikonya perempuan

    BalasHapus
  31. makanya aku dulu sempet niat pake spiral tp gak jadi mbak coz sering denger kejadian kaya gini..
    ama suami juga gak dibolehin pake KB yg begitu2an jadinya ya sutra lah ;)
    kl tetep ngerasa gak nyaman mendingan dicopot aja n ganti cara KB yang lain mbak ;)

    BalasHapus
  32. boleh tuh pertimbangannya, tapi aku mo konsul lagi sama dokter dulu. Klo mmg gak ada msalah sama rahimku... sementara ttp lanjot dngan yg ini dulu. Masalah sholat, sementara aku sholat klo bersih, klo pas kleuar ya enggak. jadi mmg harus berkorban banyak shampoo huhuhuhu

    BalasHapus
  33. ayo mbak kulakan shampo di DTC...
    hehehehe

    BalasHapus
  34. ikut ngintip obrolannya krn sedang cari info juga hehe

    BalasHapus
  35. Kesimpulannya IUD tidak menjadi pilihan saat ini, bagi saya lo ya :)

    BalasHapus
  36. trus pke apa bun ? * pengen tahu aja...* hehehe

    BalasHapus