Rabu, 26 November 2008

Ibuku

Semalem diajak bicara sama kakakku panjang lebar ttg keadaan Ibuku yg katanya makin hari ke hari makin gak terkontrol emosinya. gak sabaran. Wes talah intinya wes tuwo kok malah gak ngetokno tuwane. Sesek dada saya mendengar itu, bukan karena saya membela Ibuku, Saya gak buta, saya gak tuli, saya mmg lihat Ibu saya mmg seperti itu. Tapi please deh..knapa harus menyimpulkan seperti itu? knapa harus nuntut Ibuku bisa lebih bersabar ? Tuh liat kalian aja anak-anaknya ( yg muda )aja  gak sabar  kok liat Ibunya gak sabaran ? Emang sabar itu untuk konsumsi yg tua saja ?? yg muda harus dong  ??. Itu yg kira-kira aku lontar balik ke kakakku. Ngemong wong tuwo ibarate ngemong batita. Klo batita, nakal masih bisa disentil, di bentak, dihukum. La klo orangtua... gimana ? mo disentil, mo dijewer, jelas gak bisa lah...! durhaka dong !
Tadi pagi nyampe kantor, aku beranikan diri untuk calling Ibuku. Ini mandat dr kakak-kakakku. Walopun berakhir dengan kita berdua nangis di telepon, setidaknya aku plong... karena akhirnya Ibuku bisa menumpahkan keluh kesahnya, kekhawtirannya dengan hati yg terbuka. Lega karena akhirnya Ibuku bisa menumpahkan emosinya dengan nangis, bukan dengan marah. Sempat khawatir, kata orang rumah hari selasa sudah walk out dr rumah seharian sampe malam malah, katanya sih ke solo, klenong-klenong sambil bernostalgia.
Duh..Ibu-Ibu, andai aku bisa memilih, aku yo pengen didekat Ibu, merawat, jadi teman curhat, tapi rejekiku, anak, dan suamiku disini.

32 komentar:

  1. Ah mak... siklus manusia kan seperti itu.... bayi itu ibarat pagi... tua renta ibarat sore... "suhu" di sore hari kadang2 sama dengan "suhu" di pagi hari... Atau 'sinar' jam 7 pagi suka sama dengan 'sinar' jam 5 sore... Jadi orang yang waras mestinya paham itu, karena apa yang terjadi pada ibu atau orangtua lain sangat mungkin terjadi pada kita (kecuali klo kita mati muda :D)

    BalasHapus
  2. * hik, jadi sedih aku membacanya, teringat ibuku.
    Menjadi tua memang sdh kodrat manusia, tp menjadi tua seperti apa, itu jg belum tentu kita yg bisa menentukan. Ada yang bilang, masa tua kita adalah cermin masa muda kita, lebih tepatnya cerminan asli kepribadian kita.

    Makanya, selagi masih muda haruus jadi orang baik. Baik pada diri sendiri, orang lain terutama orang tua kita... biar saat tua nanti kita akan menjadi baik bagi diri kita maupun orang lain.

    Itu kesimpulanku mbak. Dalam penerapannya, tentu saja aku masih harus terus berjuang untuk menerapkannya. Hanya satu yang pasti aku setuju denganmu, selagi yg kita hadapi adalah orang tua kita, maka tidak ada kata tidak untuk menerapkan ilmu Sabar & Kasih sayang. Untuk memaafkan semuaaa tindakannya sekalipun itu salah. Mengingatkannya hanya dengan kasih sayang tidak dng amarah.

    Terima kasih juga sdh sharing hal ini, jadi pengingatku untuk selalu sabar menghadapi ibuku ....

    BalasHapus
  3. Sepakat mak... itu juga yg sempat aku omongkan ke kakakku. Kita juga nanti bakalan seperti Ibu... dan kita nanti juga bakalan nuntut yg serupa ke anak kita. Nuntut didengarkan, dipatuhi , disayang.

    BalasHapus
  4. Memang sabar itu formula yg ajaib mbak..walo belum tentu aku bisa nglakoni. Hiks.... aku masih ingat gimana Ibuku nangis.

    BalasHapus
  5. yup betul itu mba, setuju.....seenggaknya gantian lah, dulu ibu merawat qt penuh kesabaran jd skr giliran qt anakny merawat dia penuh kesabaran pula ya mba, sabar yaaaa....

    BalasHapus
  6. ada yang bilang "orang Sabar disayang Tuhan" emang bener itu
    yang salah tuh "sabar itu ada batasnya"
    maksud nich cobaannya lah namanya orang tua yg butuh perhatian
    pokoknya sllu inget aja waktu kecil kita gimna sabarnya ortu kita ngerawat....
    salam yah buat ibunya....

    BalasHapus
  7. Aku pernah denger kalau orang semakin tua maka sifat kekanak2kannya akan semakin muncul, mungkin ibu butuh tempat curhat bu,tempat berbagi, apalagi bapak udah ndak ada

    BalasHapus
  8. hehehe..tul kamu jeng, klo ada batasnya namanya bukan lagi sabar dong ya..

    BalasHapus
  9. mmg ibuku menjadi " lebih " setelah ditinggal bapak, mungkin masih berasa sedih, gak punya teman.

    BalasHapus
  10. maka dr itu alangkah baiknya kita yg lebih muda mulai belajar bersabar...biar punya pondasi kesabaran menuju hari tua dan sekarang banyak2 sabar dan ikhlas merawat orang tua kita, soale sifat manusia kan beda2 to, iya to mbak, wes ta lah...wong sabar itu bakalan subur....hehhehe...

    BalasHapus
  11. sabarya jeng dian. ibuku juga sekarang lebih sensi (aku menerjemahkannya sebagai sensi aja. gak maksud marah mungkin beliau), tapi makin aku gak berusaha deketin dan mahami jalan pikirannya, beliau makin berkurang sensinya.

    memang harus bergiliran, jeng

    dulu beliau yang sabar ngadepin kenakalan kita, sekarang saatnya kita sabar dengan beliau. insya allah surga deh balasannya... amiin...

    BalasHapus
  12. butuh tissue gak? Ini aku kasih buat menghapus airmatamu & juga ibu....kenapa gak diboyong aja ibu ke rumahmu Di?
    Semoga aku juga tetep bisa sabaaarrrr sampai tua nanti
    *kata2 mak Ika wise sekali deeeeh... *

    BalasHapus
  13. betul mbak, mmg sensi sekali...... harapan saya, sudah jgn ada yg memicu emosinya lagi, duh hari H tinggal berapa hari lagi.

    BalasHapus
  14. mauuuuu.. dari pagi sampe skrg masih aja kocoh-kocoh mripatku. Inget nangisnya Ibu. huhuhuhuuu

    BalasHapus
  15. Biasanya ibunya lg butuh perhatian tuh.Scr psikologis,seseorang yg smkn tua akan kembali spt anak2.Suka ngambex atau nangis atau marah utk diperhatiin sm org2 trdekatnya.

    BalasHapus
  16. betul itu kang..... balik lagi seperti anak kecil, pengennya diperhatiin, didengerin, disayang....ya gitu dehh...

    BalasHapus
  17. betul sekali jeng.... ah, jadi inget ibu-ku di Solo sana.....

    BalasHapus
  18. Itulah repotnya mbak...maunya didengarkan terus, tapi susah bgt klo disiurh mendengarkan kita. Emang sabar itu mutlak

    BalasHapus
  19. waduh jeung... sampe berkaca2 bacanya.. suer...

    BalasHapus
  20. Wah..Dilema ya bun? Pengen deket ma ibu tapi suami di sini.. Sering-sering telp. ma doa ajah moga ibu sehat slalu..

    BalasHapus
  21. TFS, komen2 teman2 dibawah juga jadi advise yang bagus buat saya. Mengalami juga soalnya...sabar tak pernah berujung ya! semoga kita termasuk orang2 yang sabar...amin

    BalasHapus
  22. sedang dan terus diusahakan bun, thanks ya

    BalasHapus
  23. makasih ya mbak, sy ikut baca sharing-nya.. betul mbak, sing sabar aja, namanya orang tua..kita ngga tau sampai kapan beliau bisa sehat & masih bisa ketemu sama kita.. sy jadi inget ibu saya yg udh meninggal 5thn yang lalu,sampai kpn pun sy tetap kangen.. salam utk ibunya ya,mbak.. :)

    BalasHapus
  24. pasti itu jeng.... skrg tugas saya gimana bikin ibu bahagia.

    BalasHapus
  25. ndak ada anak/mantu yang bisa nemenin toh jeng ?? ehh namanya juga ngambek ya gamau ditemenin yak :) sing sabar jengg...disukurin masih punya ibu....pasti jadi lebih sabar dech..

    BalasHapus
  26. nah ya..itu mungkin saking kesel atinya jadi yo wes gak mikir...
    * Jumat besok ketemu neh sama Ibuku, asyikkkk * gak penting yak...??

    BalasHapus