Jumat, 28 November 2008

Bolu Kukus Semangka


Description:
Seharusnya resep ini untuk di oven, berhubung belum punya, yo dikukus aja, yg penting rasanya enak dan maiza suka. Dapat resep dr googling...

http://dapuramatir.blogspot.com/2007/04/cake-semangka-rasa-jeruk.html
Makasih ya mbak...

Ingredients:
Resep aslinya seperti dibawah ini, tapi menyesuaikan bahan yg aku punya jadi bbrp yg aku tambah/kurangi.

Bahan :
120 gram Margarine ==> aku pke mentega
100 gram gula pasir
2 bungkus Nutrisari Florida Orange ==> aku, satu sachet aja
200 gram tepung terigu ==> aku pke campuran segitiga biru dan cakra, ( ini cara yg sesat, jgn ditiru ya ..xixixi)
2 butir telur
1/2 sdt essence lemon ==> aku gak pke
1/2 sdt baking powder
150 ml air ==> aku ganti santan kental instan, merk sun kara 60 ml aku cairkan jadi 150 ml.
1 sdt poppy seed ==> gak punya, aku ganti meses hitam
Pewarna makanan : merah, kuning & hijau ===> yg kuning gak dipke

Alat :
Loyang segitiga



Directions:
Panaskan kukusan. Stelah benar2 beruap, kecilkan apinya sedikit ( biar gak boros elpiji )

1. Kocok margarine ( mentega ) gula dan nutrisari sampai mengembang dan pucat.
2. Masukkan telur satu persatu sambil dikocok terus hingga rata.
3. Masukan tepung terigu (yang sudah dicampur baking powder) bergantian dengan air ( santan ) sambil aduk rata.
4. Klo versiku gak dibagi dua sama persis, tapi 2/3 untuk diwarnai merah nah yg 1/3 nya lagi dibagi dua, diwarani hijau dan sisanya dibiarkan polos.
5. Yg sudah berwarna merah dicampur dengan meses, aduk rata dan masukkan ke loyang segitiga
6. Masukkan kukusan, setelah lima menit masukkan adonan polos, ratakan
7. Masukkan lagi ke kukusan, lima menit kemudian, masukkan yg warna hijau.
8. Kukus lagi sampe kur leb 30 menit

Note :
Pada saat mengukus, tutup dandang/ kukusannya dilapisi serbet, dan waktu bikin lapisan kuning dan hijau, loyang tetap berada di kukusan.

Smoga paham ya...

Oya kata yg ikut ngincip sih enak....Bagi yg sudah mahir di dapur monggo dikoreksi resep dan direction yg aku tulis.

19 komentar:

  1. wah cantiknyaaaa (itudikocok pake blender iso ga ?)

    BalasHapus
  2. kocok pke blender..?? wadoh bun belum pernah nyoba sih...apa gak kasian blendernya ya..??

    BalasHapus
  3. blendernya baik2 aja kali tapi bersihinnya yang males :D
    (pengakuan : belom punya kocokan neeeeehhhhhh)

    BalasHapus
  4. hayohh beli mumpung gajian sudah di depan mata..:)

    BalasHapus
  5. hmmmm hmmmmm yg di bulog diskon2 itu masih ada ga ya hehehe (barang2nya masih bagus ga ya)

    BalasHapus
  6. yah.. ga punya loyan segitiga.. tp pgn bikin..

    BalasHapus
  7. pinjem dulu...aja. tapi loyang ini dipake untuk puding juga cantik lo...jadi ayo beli aja...hahaha..gak mahal kok, masih dibawah 10 rebu.

    BalasHapus
  8. modifnya banyak juga ya mbak..but..yang penting hasilnya tetep oke punya kaan? ;D

    BalasHapus
  9. wah enak...
    modifikasinya masih di jalur yang benar :D
    ntar kucontek kumodifikasi lagi ya mbak hehehhe..

    BalasHapus
  10. boleh jgn lupa diposting ya..ntar tak tiru juga...:)

    BalasHapus
  11. nyam nyam...penampakannya kayak semangka betulan..ngeces nih mbak..hehehe..

    BalasHapus
  12. gampang kok mbak bikinnya.... ayo dong di posting masakannya, mengko tak contone.

    BalasHapus