Jumat, 01 Agustus 2008

Pentingnya Komunikasi

Gini ceritane, ada temenku, bisa dikatakan dia yuniorku, masuk dalam team ku sudah 2 tahun yg lalu. Nah secara mengejutkan Kamis, tgl 31 Juli ngasih undangan nikah untuk tgl 5 Agustus.( selasa ) Surprised,karena selama ini desas-desusnya jarang terdengar. Selaginya aku buka itu undangan, waduh senewenlah saya, la gimana gak sebewen wong acaranya mendadak sekaleee, mana pas tutup buku ( maklum kita di finance dept ) dan pas tgl 4 ada internal audit dr M.sia, waduhh.. gimana sih ?? kok gak woro2 sebelumnya. Bawaane bete terus.
Tapi aku coba bersikap dewasa, namanya nikah kan sunah ya, dan juga hak tiap org. Ya sudahlah mosok orang tuanya aja ngasih restu mosok saya enggak, kejam amat !. Jadi ya udah deh aku terima dengan lapang dada. Waktu itu dia nanya ke saya, dapat cuti berapa hari mbak ?, tentu dong aku jawab tiga hari sesuai peraturan ( ini kejadiannya pagi ), nah pas mau sholat dhuhur, atu lah saya ternyata dia sudah apply cuti seminggu penuh, aku sih tersenyum kecut, tapi aku kembalikan lagi, kan dia mau nikah, cuti kan hak dia juga. Nah yang bikin aku senewen, kok ya cutinya tanpa minta approve dr aku dulu, langsung ke Bos aja. Pantesan kok pak bos, cakap begini ( hehe coba niru cara bicara org malay ), macam mana itu anakmu, cuti lama sangat. Jobnya sudah selesai tak ? gitu lah kira2 pak bos ngomongnya. Waktu itu sih daku gak ngira klo dia sudah apply cuti seminggu penuh.
Nah setelah aku timbang-timbang, ngomonglah aku ke dia, demi kebaikan dia kok. ya inti nya mbok yao komunikasikan ke atasan apa mau dia. paling enggak sebulan yll ngo,ong ttg pernikahan, jadi kan kita berdua bisa kompromi masalah kerjaan. Dan aku juga singgung, knpa cuti kok gak minta approve dr aku, dan juga gak ngasih tau klo cutinya seminggu penuh. Dan finance kan lagi ada gawe, mo diaudit lagi, kok ya gak omong2 dr kemarin2. Capek rasane ngomong ke dia, wong dianya cuma senyum aja.
Nah yg lebih menyedihkan, kayaknya gak ada yg bisa ke pestanya, secara itu hari efektive, dan kampung halamannya itu PP 6 jam sodara-sodara. Bisa dibayabgkan klo kita maksa kesana, mo jam brp kita nyampe rumah ???. Kita berusaha kan mo hadir, jatuhlah di hari Sabtu , tau gak jawabane apa ? aku masih ngantor mbak ,(  dibacanya lembur. ) yahhh terus gimana dong..!! sebenere sih kasian, wong mo merit kok masih lembur2. Tapi salahnya dia lah klo dia gak ngomong dr kemarin2. Setidaknya kan kita bisa sharing kerjaan jauh2 hari. Trus dia nawarin hari Minggu, nah kitanya yg gak bisa, wong team auditnya udah datang je... dan sopirnya harus siap di tempat nganter kemana-mana ( makan, shopping ) ini mau ngaudiit apa mo melancong sihh??. Nah klo sudah kejadian begini, kan kesane kita se kantor kejam ke dia, tinggal menghitung hari masih aja lembur, dan kayaknya bakal sepi kunjugan dr rekan2 kantor.
Moral story, klo ada apa2 inget teman disamping, ngomong, dikomunikasikan dengan baik, siapa tau bakalan ada pertolongan. Jgn lupa klo kerja team ya harus jaga komunikasi. Dalam hatiku yg paling dalam ( ceile,,, ) aku ngucapin selamat nempuh hidup baru, smoga bahagia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar