Kamis, 31 Juli 2008

Shopping via internet , kenapa tidak ??

Kenapa aku mo post judul ini, karena selama ini aku sudah beberapa kali belanja via online. Kesimpulanku, menyenangkan ! itu saja. Karena aku belum pernah menemukan kendala, atau cerita horor yang menimpa diriku selama belanja via internet. Semua ok, barangnya oke, pelayanannya oke, kirimnya on time. Sekarang pertanyaannya , knapa sih diriku milih belanja via online ? Alasan utama ya karena gak ada waktu , bukannya sibuk lo ya, tapi lebih dikarenakan gak ada waktu yang lamma dan panjang untuk shopping ria, ya maklum aja aku tinggal di kota kecil yang jauh dr keramean kota. Ya intinya meskipun tinggal di pedesaan tapi selera ya ngikuti kota gitu lohhh...
Nah klo dipikir2 biaya bensin pulang pergi klo di konvert sama dengan ongkos kirim brg dr si penjual ke diriku. Nah ada bbrp temenku yang komen begini, kok kamu gak takut sih klo ketipu, ntar udah kirim uang, barang gak ada. Aneh juga sihh, kok ya aku pede amat gitu lo, aku sih percaya-percaya aja sama mereka, bismillah aja deh. Toh aku niatnya baik, bukan niat ngemplang, dan satu lagi klo niat baik pasti akan dibalas juga. Jadi intinya adalah PERCAYA  dan diikuti dengan kata SALING. Klo penjualnya percaya tapi pembeli gak percaya ya gak akan jalan begitu juga sebaliknya. Boleh ya aku share beberapa tips biar selamet waktu belanja via net.
1. Tengok site si penjual beberapa kali, simpulkan berapa kali dia post / upload foto jualannya.
2. Seberapa banyak org berkunjung ke site nya, dan juga seberapa aktif dia nanggapi pertanyaan calon customernya.
3. Perhatikan foto yang diupload, sering berganti atau itu2 saja, klo itu2 saja berati barang yg dijual bisa dikatakan tidak laku.
Klo point 1,2,3 jawabannya oke berarti dia tipe org yg niat jualan.
4. Perhatikan di halaman pembuka, saya sangat menghargai klo mereka meninggalkan identitas, boleh nama, alamat, nomer HP. YM ID, , itu lebih mudah bagi saya untuk ngecek balik identitas si penjual.
5. Barang yang dipajang harus ada diskripsinya , harga, ukuran ( klo ada ), warna, dan bbrp deskripsi yang mewakili barang tersebut.
6. Yang terakhir adalah keterbukaan, kan kita gak pernah tuh saling ketemu, otomatis kan gak kenal, nah klo kita ada tanya2 ttg barang tsb, saya lebih oke dan percaya klo mereka responnya cepet, dan jawabnnya jujur.
Oya jangan lupa klo barang yg dipajang sifatnya tidak unik alias bisa beli di luaran ( toko, atau pasar, dept store  atau apalah ) perhitungkan biaya kirim, biasanya mereka pke jasa kurir yang harganya pke patokan kiloan. Terus klo emang barang yg mo kita beli juga dipajang di site yg lain, boleh deh kita banding sana banding sini, timbang sana timbang sini.
Klo sudah mantap, pastikan ke penjual item yg kita beli, harga per pcs sekaligus harga totalnya ( include ongkir ). Jgn lupa kasih alamat lengkap yang bisa dijangkau oleh kurir plus no telpon. Makanya karena alamat rumahku di pedesaan, aku lebih suka pake alamat kantor, dijamin deh nyampe.
Sudah mantap dan sepakat dengan penjual ?, skrg giliran kita yg transfer. Segera konfirmasikan klo sudah transfer. Klo aku sengaja konfrmasi lewat SMS, sekalian kenalan dengan penjual dan juga ( ngetes ) dia care apa gak jaga gawangnya . Klo dia bales SMS, itu berarti satu langkah sudah bikin daku tersenyum. Atau klo enggak kirim email dan tunggu dia reply. nah tinggal tunggu barange datang. Biasanya si penjual kasih info nomer resi kirim baran,g klo pun enggak ngasih,  kita harus tanya ke mereka, kapan kirimnya dan nomer resi kirimane brp ?. klo  aku sih langsung  cek ke kurirnya ( numpang telp kantor, jadi kan gratis hehehe ). Ayem deh klo barange sudah on the way.
mmm selama ini apa ya yg pernah aku beli, buku ( www.kutukutubuku.com), mainan anak ( www.jualanbunda.multiply.com) , www.visionkids.multiply.com , www.dittashopline.com  baju batik ( www.rumahbatikarundhati.multiply.com ), mukena ( www.tokomamanatrixie.com ), novel 2nd, baju 2nd  ( www.s4l3.mutiply.com ), kue ultah ( www.n3ns,blogspot.com )
Nah buat Ibu2 , ada bapak2 nggak ya ,yang secara kebetulan saya sebutkan diatas, terima kasih sudah menyediakan brg yg oke buat saya, eh iya klo salah ngutip webnya ya mohon maaf ,dan yg penting Kepercayaan nya itu lo...
Selama ini mmg aku gak ada pengalaman buruk sih, ya mudah2an enggak lah yawww..Oya tulisan saya ini murni pengalaman pribadi. Mohon maaf klo ada yg tidak berkenan, atau ada Ibu2, bapak2 yang emoh sitenya aku tulis, ya mohon maaf.
Salam,
Dian

4 komentar:

  1. Makasih ya mb infonya...
    mau dong, jadi referensinya mb...so, pilih2 dan pesen kerudung2 dan koleksi yg ada di MP saya ya mb...^_^...hehehe

    BalasHapus
  2. ma kasih ya ibunya mayza buat kepercayaannya.. serasa dapat iklan gratis niy hehehe...

    muah...

    jangan lupa belanja2 lagi yaa...

    BalasHapus
  3. xixixi boleh aja kok bun, nanti deh klo ada rejeki belanja ke bunda

    BalasHapus
  4. sama -sama lah mom, belanja lagi.. hehehe nunggu rejeki berikutnya. mmmuahhh

    BalasHapus