Senin, 21 Juli 2008

Mendisplinkan Anak

Anak saya mmg baru berumur 18 bulan, tapi saya bertekad akan mengajrkan disiplin ke dia sedini mungkin. Susyah memang tapi akan lebih susah nantinya klo dia gak bisa disiplin. Walopun kadang banyak tantangan dr org rumah ( saya tinggal di rmah mertua ), tapi kan dia anak saya, harus saya dong yg ngajarin, iya kan ...?? Dibawah ini beberapa yg sudah aku terapkan dan ada hasilnya, dan juga ada yg belum berhasil.
1. Dari bayi lahir, gak pernah aku gendong pke kain, bahkan kain gendongan nya pernah aku umpetin, karena org rumah berebut ngendong Maiza. Aku tegesin, anakku jgn keseringan digendong pke kain, nanti jadi kebiasaan. Klo gak perlu amat jgn digendong. Karena nanti dia bakalan ditinggal ekrja sama Ayh dan Ibu nya, dia gak boleh manja, tidur gak boleh diayun. tidur ya dikasur.
==> Sekarang dia ngerti klo tidur harus masuk kamar, gak perlu di gendong. Boleh bangga dong.
2. Makan setelah mandi. Dengan alasan biar makan lebih semangat ( ini termasuk dispilin atau  kebiasaan ya ..??? ) Biarpun nantinya bajunya belepotan.
== > Sekarang rutin, selesai mandi langsung makan.
3. Keluar rumah harus bersandal atau bersepatu. Ini yg susyah, tiap pintu rumah kebuka pasti dia sudah lari nglonyor, gak peduli gak pake sandal atawa sepatu. Kadang sampe senewen sendiri.
== > Membiasakan suatu kebiasaan mmg perlu pengorbanan.
4. Malam hari adalah waktu untuk beristrirahat, belajar dan kumpul dengan keluarga. Suatu malam dia maksa minta keluar rumah dan minta main. Waktu aku larang eh dia malah nangis kenceng, karena aku gak mau ribut, aku kasih pengertian ke Maiza, klo tetep mo main silahkan, tapi Ibu gak mau ikut, maen aja sendiri. Dia nangis lagi karena gak mau ditinggal Ibunya masuk rumah. Klo denger nangisnya sih gak tega, tapi itu harus aku lakukan. Untung Ayahnya mendukung, kali ini kita bisa kompakan.
5. Pup dan pipis di toilet, ini tantangan berat nih.. Maiza masih pke diapers klo malam hari, nah siang hari gak diajarin untuk pipis di toilet. Jadi agak susyah klo disuruh pipis di toilet. Pernah kejadian dia bilang pipis, tapi terayata sudah keluar tuh pipisnya. Klo pup dia gak mau jongkok atau duduk, pdahal sudah aku belikan potty, malah dipake untuk dudukan dia klo lagi maen. jadi klo pup suka tengkurap di pangkuan ( mbahnya, ayahnya atau Ibunya ) Cara yg aneh ya...!
6. Gosok gigi, dari bayi sudah dibelikan sikat gigi yg dari kasa, dasar Ibunya yang gak ada waktu ( alasan ..! ) dan ngasih tau org rumah kok ya susyah bgt ya.. jadi baru belajar gosok gigi pas dia sudah nongol gigi 4, dan itupun jarang. Tapi sikat gigi nya sudah aku pegangin  ke dia, ya minimal dia ngerti lah  bentuk sikat gigi, dan cara gosok gigi. Tapi dia suka angin2 nan untuk gosok gigi, klo dia sudah gak mau, aku suka goosk giginya dia pke jari ku saja, gak sehat ya..??  daripada tidak ??
mmm apalagi ya...??? kayaknya itu perilaku mendasar yg harus  bisa dijalani sama anakku, Ibu2 yg lain ada ide dan sukses dijalankan untuk anaknya ? sharing dong...




2 komentar: