Selasa, 27 Januari 2009

Rokok Haram...( Fatwa MUI)

    Sudah tahu yg ini kan ? ada beberapa fatwa yg dikeluarkan oleh MUI, salah satunya ya ttg rokok. Waktu SD, masih rajin menyimak pelajaran agama, yg saya ingat rokok hukumnya adalah makruh...lebih baik ditinggalkan drpd dilakukan. Klo sudah ada fatwa begini...apa yg harus kita lakukan, secara langsung sih saya gak ada masalah, saya bukan perokok, suami juga bukan perokok. Terus ya..fatwa ini kabarnya banyak yg protes..terutama para buruh pabrik rokok, berarti faktor ekonomi yg berbicara.

Nah...knpa orang-orang harus repot ? harus menolak fatwa ini ? boleh nggak saya analogkan fatwa haram rokok ini dengan hukum wajib sholat? Sholat 5 waktu wajib dijalankan oleh muslim dan muslimat yg memenuhi syarat. Klo ditinggalkan berarti dosa. Rokok haram, sudah tahu haram tapi dilanggar..jatuhnya dosa kan ? Pertanyaan selanjutnya...fatwa MUI itu tingkatannya sampai mana ? Memang mutlak harus diikuti atau ini hanya sebuah himbauan ?Klo semisal dilanggar, hukumannya apa ? hukuman duniawai  ( penjara ) atau ada hitungannya nanti di akhirat....( baca, karena tidak mematuhi  pimpinan di dunia, MUI saya  anggap pemimpin umat  islam di Indonesia ). Seingat saya klo ada hukum agama yg berubah tingkatannya ( Wajib, Sunnah, Mubah , makruh dan haram ) pasti melalui evaluasi yg panjang dan melalui mediasi yg alot. 

Ada yg bisa membantu saya...?? yuk mari kita sharing...


25 komentar:

  1. Ak sng klo gda org merokok,sualna ak ga tahan ma asapnya,

    Uhukk,uhhugg,,,
    [bikin batukz]

    BalasHapus
  2. kaciiian....klo saya agak nelongso...la piye Ibuku usahane rokok...( ketahuan deh )

    BalasHapus
  3. Wo0o,pantessan..
    [umahe Robayan]

    Hikz..hikz..

    BalasHapus
  4. huuh, rokok sama kayak pete. sama makruhnya :D

    dulu aku perokok berat. semenjak tau hamil, ampe skg total berenti merokok. sempet tersiksa,sih.apalagi nyium bau asep rokok atau kena asepnya. skg ga enak bngt rasanya.perasaan pengen ngisep rokoklg, tp inget anak, ya ga jadi :D

    the power of son hehehehhe

    BalasHapus
  5. hebat kmu ren...salut..komitmenmu kuat...jgn kumat lagi ya ngrokoknya

    BalasHapus
  6. saya setuju. hukum rokok adalah makruh dan haram. jadi haram bila merokoknya dekat anak2 dan ibu hamil. Seharusnya PEROKOK-PEROKOK GUOBLOK DAN TOLOL di luar sana bisa berpikir secara logis bahwa merokok dekat dengan ibu hamil dan anak-anak dapat merugikan kesehatan mereka dan janinnya. Ga usah pakai pembahasan agama. Sadar dikit lah. Kalau bilang itu hak asasi, loe pada ga mau kan dikentutin sama orang yang bau kentutnya minta ampun. Next time pada bawa kantong plastik klalau mau negrokok. supaya bisa ngisep sendiri tuh asap rokoknya.
    Erosi neh, eh emosi neh.....

    BalasHapus
  7. kembalikan k hati nurani aja mbk.....
    segala sesuatunya kan dah ada hukum dasarnya...
    entah mubah, halal ato makruh...
    ( menurut saya si gitu....g usa pake emosi2an...hadapi dengan kepala dingin...emosi g nyelesain masalah....tul ga bang debapirez????? pissss......:D)

    BalasHapus
  8. chill.... pak'e... mereka ngerokok juga ngisep rokok sendiri.hahahahha harusnya tuh suruh isep itu abu rokok *kaboooooooooooooooor*

    btw... laki gw g berani ngerokok deket gue n anak gw.hheheheheh

    BalasHapus
  9. kerja di tengah2 perokok, udah nyoba buat membiasakan diri
    tp diri sendiri tersiksa, pusing mual n pgn muntah

    buat para perokok, hak kamu buat ngerokok tp liat sikon n tempatnya
    perhatikan org2 d sekitarmu

    tp alangkah baiknya kalo berhenti, itung2 sbg cara hidup sehat n tentunya bisa hemat :D

    hukum rokok tepatnya ada dimana, wallahu'alam. ,mending di kembalikan kepada masing2 pribadi.Cermati dulu ttg kandungan rokok serta dampak positif dan negatifnya, ga cuma buat diri sendiri tp juga lingkungan sekitar

    **maaf kalo isinya ga penting, tp sy setuju kalo rokok masuk kategori haram :)

    BalasHapus
  10. aduh jangan emosi dong...!! eh kang trus fatwa itu himbauan atau hukum pasti sih ? belum nemu jawaban neh

    BalasHapus
  11. yap..haram dengan kondisi tertentu, makruh dengan kondisi tertentu juga. Ada syarat-syarat yg harus dipenuhi untuk menjadi makruh atau haram...iya kan ?

    BalasHapus
  12. Aku critain yach Mbak pas Aku KKN kmrn

    kan ak wkt KKN di daerah Desa Sajen Pacet
    Pas ak dpt jatah kerja disana sbg Penyuluh untuk anak* SD (kls 4-6) dan isi penyuluhannya kan tentang "menjauhi Narkoba sejak dini"
    Wkt itu sblme ak dbritau Kpl Skolah ada bbrp siswa yg suka ngerkok
    yach aku tekanin pas Penyuluhan soal Rokok dan akbiat buruknya bagi tubuh
    ech pas sesi tanya jwb ada yg blg "Bapakku loch ngerokok kok sek Sehat^ ae"
    huech Capek dech

    BalasHapus
  13. yoah

    tp bukannya kalo udah menentukan hukumnya berarti harus menyeluruh

    kata "haram" n "wajib" jangan dibikin dagelan, bisa mempengaruhi nilai hukumnya
    kalo masih nanggung ya mending dibilang 'makruh'

    BalasHapus
  14. hehehe dasarrrr..dia gak tau klo organ dalam sudah membara...

    BalasHapus
  15. kayaknya ini yg diperdebatkan orang-orang deh...saya sih gak baca fatwa langsung dr MUI, cuma baca listingnya aja, gak baca ttg kenapa, bagaimana kok bisa di haramkan. Macam surat keputusan kan ada menimbang, mengingat, memutuskan dengan kondisi a, b, c maka disimpulkan rokok adalah haram ( makruh )

    BalasHapus
  16. kayaknya mendekati logika saya deh....fatwa itu himbauan khalifah di bumi ( saya naggap MUI sbg pimpinan muslim di Indonesia ya..) bukan hukum yg datang langsung dr Allah Swt. Urusan itu dilanggar atau dipenuhi kan urusan masing-masing. Saya jadi heran, kan sudah tahu sholat itu wajib bagi yg memenuhi syarat tapi juga gak ada yg protes kan...? tapi giliran urusan rasa/ kepuasan ( rokok saya identikkan dengan puas ), langsung banyak yg nyap-nyap..hehehe ini hanya pemandangan umum dr seorang dian yg masih awam ttg agama.

    BalasHapus
  17. yup....setuju mbk....fatwa kan muncul karena g da hukum d alQuran ma hadist gitu...(kayae sie....hehehehh)....mangkane muncul ijtimak ulama yaitu MUI tadi...heheheh....(sok teur aku iki mbk.....) :D

    BalasHapus
  18. ya ndak sama to jeng... kalau perintah sholat kan jelas-jelas ada di Qur'an dan hadits, sementara untuk urusan rokok enggak....

    hal-hal seperti ini yang sering menimbulkan 'perbedaan' dalam diri umat Islam, ladang ijtihad ( eh, bener gak tulisane ? xixixi...). Satu masalah bisa disikapi dengan berbagai macam cara, karena berbagai alasan, pengaruh dan juga berbagai kepentingan

    Aku sendiri menganggap putusan MUI soal rokok itu nanggung, dan terus terang tidak berharap terlalu banyak efektifitas-nya.

    BalasHapus
  19. yap itu cuma analog bodoh dr saya saja. Saya cuma menggarisbawahi syaratnya saja, sholat menjadi wajib karena syarat-syarat terpenuhi, dan rokok menjadi haram karena bla-bla-bla.....

    Itu semua kembali pada pribadi masing-masing ya mbakyu...

    BalasHapus
  20. yeah, setuju bun. Kalaupun ada yang keukeuh mo ngerokok ya monggo ajah, tapi itu asep ga boleh nyamber hidung orang di sekitarnya, hisap2 deh sampai biru mukanya hi hi, sorry bun, emosi jiwa neh T_T, baunya suka bikin mual seh.

    BalasHapus
  21. setuju..eh mbak kok lama gak nongol kemana aja?

    BalasHapus