Selasa, 18 November 2008

Mahasiswa bentrok...( lagi??)

Kenapa saya tulis ( lagi ??) , ya karena saya udah sering baca, melihat di tv mahasiswa pada bentrok, ya dengan temannya sendiri ( sekampus ), dengan kampus sebelah, dengan masyarakat dan dengan polisi.
Kok lama2 makin sering ya kejadiannya ? ada apa ini ? sudah mulai hilang kendali diri ? sudah mulai luntur niat belajarnya ? sudah gak pengen kuliah ? sudah pengen nambah jumlah preman di indonesia ini ? ckckckck.. gak habis pikir saya....** geleng-geleng kepala ** tapi bukan ajeb-ajeb lo ya...hehehe
Padahal sudah 2 pekan ini ya (klo gak salah ), kepolisian Indonesia menggelar razia preman di seluruh kota besar. Lumayan lo yang kegaruk. Kok gak pada takut ya mahasiswa itu. Pendapat saya pribadi nih, kok makin lama bentrok mahasiswa sudah mengarah ke tindakan anarkis, semau gw, ngawur dsb. Dulu semasa saya kuliah, tahun pertama atau pas masa ospek ya.. yg saya ingat kata2 dr senior saya adalah mahasiswa harus bisa menjadi agent of change...harus bisa menjadi pembaharu, harus bisa menjadi pionner dalam perubahan Indonesia  gettuuuuuuu.... maklum saya kuliah pada tahun 97, awal2 reformasi. Jadi jargon2 begitu begitu melekat di kuping dan di sanubariku , keekekekek.
Dalam hatiku tuh sebel bgt klo liat mahasiswa yg notebene pinter ( yg pinter ??? ), yang bisa baca wawasan ( senenge an ngublek internet ), pergaulan luas, kok masih suka terpancing emosinya dan bentrok dengan cara yg seprti anak kecil, ya iyalah lempar2an batu kan kayak anak kecil, wuihhh gak jentel blas.... ada juga yg nekat niru caranya preman... mukulin lawannya pake balok, nyekik polisi ( koran jawa pos kemarin ), lempar bom molotov.  Lah pye to iki ? ., mahasiswa opo preman ?
Hei sobat, adik, bro, ingat dong orang tua yg susah payah membiayai kamu kuliah, mereka punya banyak harapan di pundakmu, yang lantas kmu rampas begitu saja impian mereka . Yang masih kamu bebani lagi dengan rasa malu karena anaknya di tahan polisi, yang masih harus nebus uang rumah sakit klo kalin harus mondok, yang harus datang ke  kantor polisi untuk lapor/ piket.
Hei adik, bro dan sobat, tidak semua orangtua kalian mampu, banyak yg harus utang di kantor, di koperasi hanya untuk bayar uang kuliah kalian !! kasihanilah mereka...!! ingat mereka yg  harus mengemis minta pinjaman, ingat mereka yg harus kerja lembur untuk memenuhi kewajiban bayar uang kuliah kalian. Mana baktimu teman ??
Hidup sedang susah, sobat. Jangan tambahi beban mereka, lepaskanlah beban di pundak mereka. Belajar..berkarya..dan berprestasilah ...kikis emosi yg menggila, belajar sabar. Berhentilah tawuran, sudah banyak korban, jangan tambah lagi.
*** maaf klo ada yg gak berkenan ***



38 komentar:

  1. nndak hanya mahasisiwa kali bun, orang anak SMA aja dah demen tawuran,kasian sekali ya ortunya..kasian sekali bangsa ini kalau pemudanya punya sifat yang selalu mengedepankan esmossi

    BalasHapus
  2. salam kenal ya mba...
    iya, saya juga miris liat para mahasiswa demo yang akhirnya menjurus ke anarkis, ngerusak gedung kampusnya, mobil warga sipil, nutup jalan... fffffiiiuuuhh
    padahal mahasiswa kan kaum intelek ya kalo gitu apa bedanya sama preman dong? saya juga pernah nulis tentang masalah ini disini: http://peppermint-tea.blog.friendster.com/2008/05/mahasiswa-kini/
    ternyata kita sehati ya =)

    BalasHapus
  3. yuuuuuuuuk, ,
    calon pemimpin bangsa, mereka dkuliahin ma ortunya biar pinter trus ilmunya dsalurin buat masa depan mereka

    jika ada MAHASISWA yg hobi tawuran trus baca ne postingan,
    saran saya mending ga usah kuliah lg trus jatah kuliahnya dkasih ke aq, dengan senang hati akan aku terima :)) **mupeng pengen kuliah**

    kesel juga liat mereka kaya gt,

    BalasHapus
  4. he eh.. ap sih yg ada dalam pikiran mereka... bete gw dnger berita tawuran mereka

    BalasHapus
  5. pernah demo ga jeng...hehehheh...


    ya semoga mahasiswa bisa lebih baik lagi, membela bangsa dengan cara yg benar dan ga anarkis.. ingat dong sumoah pemuda...

    BalasHapus
  6. he'e bu.. heran aja kok suka bgt tawuran. seharusnya kan belajar, kan sudah punya gelar mahasiswa... siswa yg sudah agung, maha, yg sudah tinggi tingkatnnya.

    BalasHapus
  7. saya juga ikutan gemessss baca ini jadi merasa diwakili deh...!!!

    *tiga paragraf terakhir tuh kena banget...semoga tidak terjadi sama kita ya, naudzubillah min dzalik*

    BalasHapus
  8. lam kenal balik mama luna, sehati ya...:) soalnya saya gak habis pikir dengan cara pandang mereka yg lagi bentrok lagi bentrok lagi. kan enakan belajar, pinter, biar lulusnya cepet, trus nanti bisa kerja, mendatangkan uang. Heran juga sih... nanti klo mereka lulus tahunya minta gaji tinggi, padahal belum tentu bisa kerja

    BalasHapus
  9. mereka gak ngerti susahnya cari uang fan, tahunya gimana bisa menghamburkan uang. Nanti klo sudah tahu rasanya mbiayai istri melahirkan, mbeliin susu anak yg mahal, bakalan deh ngurut dada.

    BalasHapus
  10. yg jelas mereka lagi buntu pikirane, emosi thok

    BalasHapus
  11. yoah mbak, ,
    jaman sekarang persaingan makin tinggi
    kalo ga pinter melangkah ya bisa jatuh, syukur2 masih bisa bangun lagi. nah kalo nggak??

    BalasHapus
  12. sabar sabar

    mau kopi ga?? rasa jeruk :D

    BalasHapus
  13. melu geleng-geleng jeng.... astafirullahaladziiiiiim..... bener-bener nggak dipakai tu otak mahasiswanya !

    BalasHapus
  14. pernah dong jeng.. kena batu aja pernah. Sejak itu aku gak mo lagi demo ( reformasi ). masih sayang sama nyawaku, dan masih sayang juga sama ortu ku. bela negara gak harus turun ke jalan kan ?

    Yah.. smoga mereka segara dapat pencerahan

    BalasHapus
  15. yup.. smoga anak kita sllu dijaga kelakukannya, tidak terjebak dengan situasi yg membuat mereka harus memilih ditawur atau menawur dulu.

    Anak, aset kita di masa depan, setuju ?

    BalasHapus
  16. sayangnya gak smua orang faham dengan ini fan, masih suka terbawa mimpi.

    BalasHapus
  17. ogah kopi, nggarahi kembung. Jeruk panas mauuu

    BalasHapus
  18. mbak aku paling gak seneng lagi klo mereka mengatasnamakan HAM klo mereka pas kena pukul, diseret atau ditahan polisi. Polisi kan juga manusia, mmg nya klo sudah mahasiswa mereka kebal hukum ?

    BalasHapus
  19. xixixi,
    iyuh mbak, wetengku lara :(
    suwi ga ngopi
    padahal ini kan salah satu favq, orange coffee

    kalo jeruk panas, ada d rumah:D

    BalasHapus
  20. Sebenarnya tuh nggak hanya mahasiswa aja yang tawuran bu, semua masyarakat di Indonesia ini memang demen tawuran kok. antar desa sering tawuram, suporter sepakbola tawuran, anak sma tawuran.. nah.. ini yang paling ngresulo itu ibu dan anak juga tawuran bahkan sampe ngucapin sumpah serapah seperti artis yang sering nongol di infotainment itu.

    Mungkin masyarakat kita memang wataknya keras2 ya... sudah hilang deh jargon Indonesia itu adalah bangsa yang ramah tamah dan santun

    BalasHapus
  21. aduh...saya masih termasuk yg masih sopan lo...!!

    Mmg miris klo liat orang yg suka tawuran, suka gak pke akal sehat.

    BalasHapus
  22. ini aku setuju banget mba, mereka yang bikin ulah tapi kok nggak mau resikonya malah berlindung dibalik punggung HAM. apa bedanya sama pengecut ya?
    *semoga kita ntar bisa ngajarin anak-anak kita cara "bela negara" yang intelek ya*

    BalasHapus
  23. amin... kita harus bisa ngajari anak kita bela diri ( baca bela diri sendiri ), bela orangtua, bela negara dengan cara yg lebih santun.

    BalasHapus
  24. wah...tulisannya mengena banget...
    kayane emang ini isi hati kita2 akhir2 ini yah...he3x...
    gemessssss juga liat para mahasiswa dodol itu...apa si yang dicari...pada gak bisa mikir...

    BalasHapus
  25. Nanti klo sudah susah nyari kerja, baru deh nyesel. Baru ingat pengorbanan orangtua, baru nyadar klo cari uang itu susah. Gemesssssss !

    BalasHapus
  26. apa jadi nya para penerus bangsa ini nantinya ya ???? hiks...hiks... prihatin banget .....

    BalasHapus
  27. klo begini terus, ya bakalan jadi bangsa amburadul.. * duh jgn deh , takut *

    BalasHapus
  28. Karena mata kuliah pendidikan agama & kewarganegaraan cm 2 SKS.Itupun kadang ditaruh di semester2 akhir hehe..

    BalasHapus
  29. lbh ngeri lagi karena mereka udah pake sejata tajam tawurannya.. pake panah laah... pake parang laah. ck..ck..ck... niat banget mo bunuh2an... Kudu diproses beneran tuh... udah kriminal!!!

    BalasHapus
  30. hehehe..gitu ya bro... dan kadang malah sering gak masuk pas kuliahnya ya..

    BalasHapus
  31. mangkanya itu mbak, gaya tawurannya sudah kayak preman... kriminil. Klo di proses nanti kawannya ndemo polisi , nuntut dibebaskan, ngamuk lagi. Sak penake dewe

    BalasHapus
  32. hihihihihi
    mahasiswa... namanya aja Maha jadi harusnya bs jd panutan yg Siswa...
    kadang ak heran sendiri apa sich dipikran temen*(walaupun mantan Mahasiswa)
    pnh dulu....... ak ikut demo...hampir ada rusuh... cm posisinya wkt itu yg cewek² bs ngereda cowok²
    ak tanya temen cowok knapa sampe gitu kasar? katae ada yg bikin gara (provokator)
    trus soal berantem antar mahasiswa...yah kadang loch tu jg gara² provokator...masalah kecil jd gede

    yahhhh bikin Capek Dech

    Sorry mbal postnya telat... I'm sibuk girl udah jadi Pengacara (pengangguran Banyak Acara) daftar² CPNS gitu...

    BalasHapus
  33. nah itu dia, gak jelas orange tapi bikin masalah jadi gede.. eh CPNS ya ?? gimana? sudah test ?

    BalasHapus
  34. tgl 10 bsk testnya... skr lg blajar* gitu....Do'ain yach mbak...

    BalasHapus
  35. yo wes..tak dongakno lulus dan lolos yo..ojo lali traktirane ...

    BalasHapus