Senin, 10 November 2008

Aduh kok pada LATAH.. ??..fuihhhhh

Akhir2 ini kita kan dihebohkan dg beritanya Ulfa- Syekh Puji. Nih saya coba menulis analisa saya dr perspektif yg lain ya... disimak dan silahkan di komen..:)
Terus terang saja saya gak kepincut untuk komen atau memaki syeh puji. Dari awal berita ini muncul... yg saya tangkap adek ulfa ini mmg cewek pilihan, pinter, nurut dan pasti keimananya top deh. Masalahnya klo sampe dia jatuh dipelukan orang tua saat dia masih muda sekali, yang perlu dijerat ya... ORANG TUANYA...!!! saya heran knpa yg dikejar2 syeh puji... aku bukan fansya syeh puji lo..tdk sama sekali. Dia kan hanya cari istri yg qualified menurut dia. La mosok ulfa datang sendiri, yo pasti diantar orangtuanya iya kan...?? yang ngerti persyaratan yg diinginkan syeh puji kan ortunya ulfa , yg menguruskan surat nikah kan yo orang tuanya, mosok Ulfa ujug2 datang ke bapaknya, " pak, kulo nyuwun dirabi' ke kaliyan syeh puji.." kayaknya kok 95 % enggak .
Menikah... klo dianalogkan dengan kata kasar kan sama dengan jual beli kan...??. orangtua punya dagangan ( anak cewek ), ada cowok datang melamar ( menawar ) cocok, nikah... ya kan ?? nah ... kasus ini kan syeh puji mencari " barang", orangtua menawarkan " barang" bagus, dua pihak cucok terjadilah akad. Yg salah siapa ? ya jelas orang tuanya...ibaratnya gini... saya punya pohon mangga, buahnya belum matang, Tapi sangat menggiurkan, kecut2 seger, ada orang mo beli, klo saya gak mo jual dengan alasan buahnya belum masak pak, eman....beres, selesai masalah. Klo orangnya ngotot,  " saya naikkan hargnya bu ". dan aku pancet bilang emoh, kan selesai juga. Nah dia tawari lagi.." ya sudah bu, ini uangnya kita deal sekarang, tapi mangganya aku ambil 3 minggu lagi, ya boleh....?? " dan aku jawab, emoh pak, resiko, ya klo nanti matang la klo bosok pye ? aku dosa pak . Beres kan...
So... yg perlu mendapatkan bimbingan dan sekaligus slentikan ya ORANG TUA  nya. Harus dikorek lebih dalam, apa motifnya, apa ada intimidasi dr orangtua ke Ulfa? atau ada intimidasi dr syeh puji ke bapaknya adek ulfa ?
Perspektif saya yg kedua ( ceile... ) kok mendadak podo latah, komen saya , komen sini, hujat sana hujat sini. Klo media latah sih gak heran... dia kan cari berita, ihhh. yg bikin gemes itu ya LSM, KPAI, DPR... duh pada kemana mereka2 selama ini hoi ...??? di daerah terpencil, banyak kok fakta nikah ( paksa atau tidak paksa ) dibawah umur. Ditiap propinsi pasti ada lumbung janda muda, karena pernikahan dini. Sangking aja mereka gak diliput media.. jadinya DPR nya tuli, LSM nya gak ngerti, KPAI nya mboh ra weruh...
La kok yg ini jadi heboh sureboh begini, sama2 kebakaran jenggot. Intinya masyarakat Indonesia yg mengeklusifkan dirinya masuk pada golongan LSM, KPAI atau DPR itu belum peka dengan fakta yg ada di masyarakat secara luas. Mereka skrg kan lagi menikmati efek tenar, kan di shoot bolak-balik ama tipi. Tidak mengurangi rasa hormat saya untuk Kak Seto...( maaf Kak Seto, klo tulisan saya menyinggung KPAI ). Saya faham KPAI, sudah banyak melakukan penyelematan untuk anak indonesia, tapi.... karena yg sering diliput sama media, adalah usaha mediasi kak seto dengan artis kok saya jadi mlesetkannya komisi perlindungan anak artis indonesia....maap...ya...ini kan perspektif saya saja. Ya sesekali.. KPAI atau LSM menerbitkan jurnal ttg kegiatannya dan bener2 di publikasikan, jadinya kan saya dnegan mudah menyimpulan o.... LSM ini lo bagus ya kerjanya, waduh KPAI benar2 sahabatnya anak Indonesia ya...
Perspektif saya yg ketiga... berita ini efeknya seperti minyak goreng panas yg kecripatan air , srrrrrrrrrrruuuuuuuuuuueeeeeeeeengggggggggggg, berisik tapi cuma sebentar.. klo airnya habis, selesai, siap melanjutkan menggoreng lagi...:) minyak gorengnya... ya siapa lagi klo bukan trio ( bukan gethuk trio lo )... ulfa, syeh puji, bapaknya ulfa ( suroso ya namanya ), kompornya ya media, koran, tv airnya... ya LSM, KPAI, DPR.
Alhamdulillah skrg sudah selesai.... minyak gorengnya skrg di diamkan dulu, belum boleh menggoreng, tapi bukan dibuang lo.... smoga gak kadaluwarsa, dan gak kepincut untuk menggoreng lagi. hehehehe.
Mohon maf klo ada yg tidak berkenan...saya siap menerima kritik dan saran dr tulsan saya.

28 komentar:

  1. saya setuju dengan njenengan mbak...
    sebenernya tidak hanya Ulfa saja yg harus diurek-urek diseret sana sini, pernikahan toh sudah terjadi, yang bersangkutan tidak menolak...saya malah kasian kalo seandainya harus diceraikan, anak seusia dia harus menanggung status janda, belum lagi pandangan masyarakat yg sudah kadung terkompori media...
    toh kalo mau jeli kasus pernikahan dini juga sering terjadi di desa2, kasus ini menyebar ya karena yang melakukan adalah orang "terpandang".

    BalasHapus
  2. saya juga setuju dengan panjenengan.... pas ada wacana harus diceraikan... oh no apalagi ini.. seteleh dipake trus dibuang...duh kasian sekali...klo yg ini saya salut sama MUI, pernikahan sudah ada, jgn diceraikan, di pisahkan saja. Ini namanya solusi.

    BalasHapus
  3. kalau memang pernikahan itu dibatalkan, sy amat sangat prihatin dengan kondisi psikis/mental ulfa...seumpama dia kembali ke sekolah dan mau tidak mau beradaptasi dengan teman2nya...

    BalasHapus
  4. benul sekale.... tau gak si ulfa juga bijaksana lo...( mudah2an ini bener kata hatinya dia ) dia kan memohon jgn dipisahkan sama suaminya itu... berarti dia memikirkan efek buruknya klo diceraikan. Hancur sekarang..tapi tidak akan hancur lagi. Bravo Ulfa..

    BalasHapus
  5. Jangan d ceraikan tp d pisahkan.Maksute op yo.Ra mudeng le aq.

    BalasHapus
  6. maksudnya status masih sah sbg istrinya, tapi jgan dikumpuli dulu, jangan diintimi dulu gitu jeng, nunggu dia matang secara fisik, matang kejiwaannya juga.

    BalasHapus
  7. Oh,iyo ic ic.Semoga ulfah tdk kepincut oleh pria lain yg sebaya nya.Semoga dia masih sadar akan kodratnya sbg istri syech.Eh,jare bojo ne syech iki ono loro?

    BalasHapus
  8. Kalau KPAI yang aku tau, kalau permasalahan itu dah muncul dan menjadi gosip publik baru deh dateng mereka untuk menengahi

    BalasHapus
  9. smoga... jane yo berat lo.. kudu tutup mata ndelok wong ngganteng..hihihi...abg gitu lo... smoga dia tetap pada pendiriannya. Bojone sing resmi loro, sing wes dicerai yo ono loro...CMIIW.. nanti tak buka lagi Nyata ku..lengkap kok.hehehe

    BalasHapus
  10. benul... suka gagap berita... sukanya dikasih tahu gak mencari tahu dulu. Mata-matanya kurang canggih, masih canggihan wartawan

    BalasHapus
  11. Itu gosip sama hebohnya dgn berita hukuman amrozi dkk
    hehehe ya namanya media massa sih, apa juga yang laku pasti dijual biar pendapatan banyak ;-)

    BalasHapus
  12. sepakat..!! mereka kan jualan, mana ada berita yg heboh..langsung diobral, bentuk tim investigasi,tayang liputan khusus. puyeng sing nonton. penonton yg gak pinter bisa keblinger. ( saya termasuk gak ya...??)

    BalasHapus
  13. bad news is a good news ya mbak? hehe.. salam kenal...
    btw, point of viewnya menarik.

    BalasHapus
  14. salam kenal juga, suwun komennya..ih..dadi isin aku..:)

    BalasHapus
  15. Betul, yang salah kayaknya orang tuanya ulfah..

    BalasHapus
  16. ya jelas..dalam agama islam kan cewek dinikahkan sama walinya to ? gak bisa menikah sendiri. Orangtua pasti tahu dan sadar lah dengan pernikahan itu. keblinger

    BalasHapus
  17. duh aq males banget mba liat berita ini bosen soalny tiap nonton tv channel mo berita ato gossip pasti ada deh tuh syeh puji, kasian kan tuh ulfa, untung udah selese ya moga2 reda deh tuh pemberitaanny ya mba :)

    BalasHapus
  18. smoga bener2 reda... dan ulfa baik2 saja.

    BalasHapus
  19. setuju bu..........!!!
    btw ganti nama bikinq bingung :S
    kasian tuh ulfanya, kesannya ko' d panjangin ne masalah

    BalasHapus
  20. aku sendiri tdk tertarik utk mengikuti perkembangan berita ttg mereka. begitu ada berita ttg mereka, lgs cetek, pindah channel. klo jam semuanya lg mberitain mereka, lgs cetek! Matiin tipi. Males.

    BalasHapus
  21. mosok to bingung...:)
    efek psikologisnya sudah jelas, tapi perasaan orang mana kita tahu....mudah2an kita bisa belajar dr kasus ini

    BalasHapus
  22. xixixixi.... kethok'e nulis'e karo nesu kiiii....... ning oke saroke tulisannya ! siiiipp!!
    Tau sendiri kan jeng, kita ini masyarakat infotainment.... minyak goreng tenan ! senenge ribut-ribut.....

    BalasHapus
  23. saya juga males liat orang2 yg cari muka tuh..hehehehe

    BalasHapus
  24. xixixi gak nesu mbak pingkan gur anyel wae..( opo bedane )... eh jadi ingat minyak goreng harganya turun lo... ( dasar mbok2 elinge tek harga turun )

    BalasHapus
  25. Saya setuju banget tuh Mbak. Tapi saya tuh juga menyayangkan sikap syekh nya, boleh lah dia tertarik sama ulfa gak ada yang melarang apalagi orang tuanya pun menyetujui, dan hukum Islam tidak melarang, tapi beliau kan tinggal dinegara hukum yang punya aturannya sendiri. Dan beliau telah melanggarnya dengan menikahi anak umur 12 thn itu, beliau itu kan orang terpandang, tokoh masyarakat kan seyogyanya memberi tauladan yang baik. Apalagi komentar beliau yang saya baca dimana gitu lupa, pas awal mengumumkan ulfa akan menjadi direktur perusahaannya itu, beliau bilang "....saya suka yang kecil-kecil" haduh gak nyaman banget kan dengernya, dan selanjutnya malah nambah mengumumkan akan menikahi anak umur 7 dan 9 tahun aduh aduh nambah2 deh....kami2 yang disini langsung merinding membayangkan pedofilia gitu jadinya, naudzubillah hi mindzalik.

    Mudah2an ada hikmah dibalik kejadian ini. Pemerintah,KPAI juga wartawan jadi aware dengan kejadian serupa yang tidak terekspos dan memberi pembelajaran kepada berbagai pihak soal undang2 perkawinan dsb. Kasian anak-anak itu.

    Eh maaf kepanjangan dan mohon dimaafkan juga jika tidak berkenan :)

    BalasHapus
  26. Saya juga sebel kok sama syeh ini, jelas2 dia bukan orang yg memahami betul agamanya. Klo memahami luar dalam, dia pasti juga akan tunduk dengan aturan dimana dia berpijak. Tulisan saya ini hanya sebagai bentuk protes ketidakseimbangan / ketidakadilan beropini masyarakat luas. Kasian... klo masyarakat luas hanya didoktrin satu orang saja yg salah, padahal banyak pihak yg seharusnya juga disentil.

    Nanti klo ada kejadian serupa lagi, masyarakat tetap menyalahkan orang yg menikahi bukan orang yg menikahkan.

    Santai aja lagi mbak... bebas kok untuk komen..:)

    BalasHapus
  27. saya suka cara pandang mbak :D
    sejak awal saat ada isu cerai, saya sempet merinding, iya kalo belum di"campuri" (siapa yang bisa menjamin kalo belum kan?). syukurlah ada penyelesaian yang menurut saya lebih adil, tidak dicerai tapi dipisahkan sementara (mudah-mudahan sih kuat nunggu, laaa... masih 5taun lagi je).
    duh.. sampai kapan ya perempuan dimainkan dengan kedok agama seperti ini? *mikir*

    BalasHapus
  28. Klo perempuanya pinter, Insya allah semuanya ada solusinya. Yuk kita bejakar yg giat....:)

    BalasHapus