Minggu, 21 September 2008

Miskin, knapa malu ???

Sahur yang tadi pagi, begitu mengharu biru bagiku sendiri, Kok bisa, ya bisa wong saya terharunya karena nonton PPT sendirian, menyaksikan kemiskinannya Si Asrul dan kengototannya si Asrul untuk tidak minta bantuan ke orang yng benar-benar bisa membantunya. Benar apa yg ditulis Bu Pingkan di blognya, klo PPT betul-betul sederhana , tapi nyaman diikuti. Ini juga bukan review untuk PPT, melainkan review untuk diri saya sendiri. Ada kata-kata si Barong, yang menurut saya sangat-sangat menghentak hati saya, kira-kira begini, " Kenapa Bang Asrul harus membatasi orang yg boleh bantu dia, bikin repot diri sendiri saja " yahhhhhhhh, betul sekali, knapa harus gengsi, klo mmg butuh bantuan ? mmg karakter orang beda-beda, ada yg malu klo terus terusan minta bantuan, malu urus keterangan tidak mampu, gengsi gedhe-gedhean, padahal perut melilit. Saat itu aku begitu muak dengan sikap si Asrul yang terang-terangan menolak bantuan dr sana-sini yang jelas-jelas ada kesempatan buat bantu dia dan keluarganya.
Namun yang lebih bikin aku terhenyak, sehingga mbrebes mili, pada saat si Asrul menyampaikan wasiat ke anak-anaknya, kira-kira begini. Bahwa hanya kepada Allah Swt kita tumpahkan segala tangis dan segala kerisauan, tumpahkan segala tangis mu di sujud tahajud mu.
Sungguh ironi dengan diriku yang sombong, yang  tidak pernah bersujud yg khusyu' untuk sekedar curhat dengan Mu.
Tapi kok saya kok gak setuju dengan si Asrul yang sombong, mneolak bantaun dr Pak Jalal, padahal dia butuh. Memangnya kita harus malu klo kita miskin ? bukankah keterusterangan itu diperlukan ? Bukankah Allah memerintahkan kita untuk berikhtiar merubah nasib kita ? selain dg doa tentunya ? Bukankah dengan terus terang, mengakui klo diri kita perlu bantuan juga ikhtiar namanya ? Itu lah gunanya teman, gunanya tetangga.
Note:  Aku salut dengan dengan penulis skenarionya PPT, pilihan kata-katanya TOP

28 komentar:

  1. te o pe be ge te dah ! top banget !!
    hehehe, aku juga sempet sebel sama Asrul, tapi aku juga masih mencoba mencari 'pertanda', sebenernya apa sih maksud dari sikap si asrul.... kayaknya sindiran buat kita-kita ini ye ?

    BalasHapus
  2. Iya, tadi pagi juga pas part itu bikin speechless...

    BalasHapus
  3. betul sekali, nyindir abis. smoga saya cepet sadar. amin

    BalasHapus
  4. dan bener2 terharu dengan sikap nrimo istri dan anak-anaknya.

    BalasHapus
  5. Hmmmmmmmmmmmm, ndak bisa komen soalnya tdi pagi ndak nonton sih, sibuk bgt.. sibuk ngorok maksudnya..hehehe

    BalasHapus
  6. sebenernya klo dia mau lebih terbuka... pertolngan dari pak jalal itulah salah satu bentuk terkabulnya doa dia... :)

    pernah dapat email mengenai pak tua yg bersikeras menolak segala bantuan yg datang waktu ada banjir besar? ya persis kae gitu deh :))

    nice thought....

    BalasHapus
  7. yoi...td pagi pas nonton itu bikin sedih.eh,kepotong buat salat subuh di masjid.pas balik lagi dah habis sinetronnya.Mo nonton siaran ulangnya kepotong salat isya.btw,ada yg bersedia memberikan sedikit ulangan kepada saya kelanjutan ceritanya melalui MP ini?hehe...

    BalasHapus
  8. Sepakat deh, tapi jalan pikiran orang mmg beda-beda.

    BalasHapus
  9. ya kelanjutannya gitu aja , berakhir dengan pelukan anak dan istrinya si Asrul. Salut saya sama anak dan istrinya. Klo ada pilihan the best actor, aku vote si Asrul, emosinya baguuuuuss ( niru gaya nya Indi Baren )

    BalasHapus
  10. Dari cerita tadi pagi, sy jadi tahu kenapa terkadang orang miskin itu sulit untuk bangkit ya salah satunya karena sikapnya yang seperti Asrul... kayak bekerja aja langusng minta berhenti padahal namanya orang kerja juga pasti ada salahnya ada diomelin bosnya.... padahal yang sengsara ya istri dan anaknya...

    BalasHapus
  11. biasanya mereka lebih sensitif, persis dengan Asrul, terlalu sensitif.

    BalasHapus
  12. biasanya,orang yg benar2 miskin ga mau dibilang miskin.Dan mereka yang benar2 kaya ga mau disebut sebagai orang kaya.

    BalasHapus
  13. betul juga.. kadang malah yang baru kaya, sok-sok an kaya gitu. Upss sori klo ada yg gak berkenan.

    BalasHapus
  14. kenapa "mereka" menjadi lebih sensitif malah terlalu sensitif ya?

    BalasHapus
  15. Saya rasa penderitaan dan kerasnya kehidupan yg bikin mereka seperti itu.

    BalasHapus
  16. uhm m, mingkin mereka gag nyaman dg keadaan mereka

    BalasHapus
  17. saya ko ndak pernah nonton PPT sama sekali yah...pernah liat sekilas sekilas aja pas pelawak yg tiga orang itu loh..

    jadi penasaran..

    BalasHapus
  18. ayo bu, liat. . . skalian buat nemenin waktu sahur^^

    BalasHapus
  19. tuh sinetron memang patut ditonton ya Bu, gak kayak sinetron2 kebanyakan yg ga ada isinya..

    BalasHapus
  20. betul sekali, mudah2an segenap kru dan pemainnya gak gedhe kepala stelah banyak yg kasih jempol ke mereka

    BalasHapus
  21. wah nonton juga ya?
    aku kadang-kadang aja mbak, selingan dengan Tafsir Al-Mishbah. Tapi pas episode yang ini aku nonton full, sampe mbrebes mili..
    Istrinya pasrah lan nrimo ya, aku sampe mbatin, benarkah masih ada istri spt itu (walah saya harus ngaca nih mbak..)

    BalasHapus
  22. scene sinetron indonesia terbaik sepanjang masa.....

    BalasHapus
  23. smoga mereka gak takabur dan sllu berkarya

    BalasHapus