Senin, 15 September 2008

Berebut zakat, 21 nyawa melayang

Kemarin ada berita miris datang dari Pasuruan, karena mengantri pembagian zakat, berdesakan, kepanasan, keinjek dan kehabisan nafas, 21 Ibu-Ibu meninggal. Masyaallah... bencana kok miris begini ya. Klo saya pribadi jelas saya sangat tidak setuju dengan pola pembagian zakat macam begini. Tidak ada koordinasi dan sangat lemah sistem pembagiannya. Menurut berita, tdk ada sama sekali proses pengamanan dr pihak berwajib, krn mmg yang memberi zakat tidak perlu / butuh pengamanan, karena ada " orang kuat " yang jadi becking nya. Toh akhirnya kejadian juga, meninggal 21 orang.
Sekaya apapun orangnya klo tidak mempunyai manajemen resiko ya.. begini jadinya, tidak pernah mau belajr dr tahun-tahun sebelumnya. Kabarnya proses pembagian zakat yg begini sudah beberapa kali dilakukan, dengan massa yang menumpuk. Klo menghilangkan harta, masih bisa dicari la klo menghilangkan nyawa, dicari dimana? Mana bentuk tanggungjawabnya ?
Mungkin lo ya... ( mungkin lo ya ) itu orang mau membuktikan pada dunia, klo dialah orang kaya raya yang dermawan yang mampu membagikan zakat ke ribuan orang. Waduh ada unsur riya dong klo gitu. Waallahualam. Tahun ini dia sudah menyediakan 50 juta untuk dibagikan ke kaum dhuafa. Masing-masing mendapatkan 30 ribu, tapi ngantrinya dari mulai habis sahur, dan baru dilayani jam 10 an, sangat tidak manusiawi.
Yuk mari sodara-sodara ku , bagilah zakat ke orang yang berhak dengan cara yang lebih manusiawi, lebih terarah tujuannya. Jangan dibagi di satu waktu saja, tiap bulan langsung dibagi, jadinya  lebih enak, dan terkoordiri dengan rapi. Boleh pake badan amil zakat, atau langsung diamplopin kasih ke orang yang membutuhkan.
Berita selengkapnya di http://www.jawapos.co.id/
Innalillahi wa innailaihi roojiun.

16 komentar:

  1. aq baru tulis subject yang sama......ngga tega bener.....sedih...

    BalasHapus
  2. Seharusnya kalau emang mereka niat mau nyumbang ndak usah begitu caranya, kan banyak sekali sekarqang badan penyalur Zakat yang terakreditasi kayak YP3IS misalnya

    BalasHapus
  3. menyedihkan...saya liat beritanya di tv semalem :(

    BalasHapus
  4. antriannya banyak dan berdesak - desakan demi rp 30.000, mungkin jumlah segini kecil bagi kita, tapi gedhe jumlahnya bagi yg membutuhkan. sayangnya tidak ada koordinasi dlm pembagian, hal lainnya mungkin kita lemah dlm hal budaya mengantri.

    miris banget liat beritanya.

    BalasHapus
  5. menyedihkan banget ya..kan udah kejadian berulang kali, kalo dibutuhkan yang namanya ngantri, seringkali masyarakat kita belum bisa tertib. Mulai dari antri dana bantuan masyarakat miskin yg dari pemerintah itu, antri beli minyak tanah..antri beli aja jatuh korban apalagi ini antri dapet uang..ya malah buanyak yang ngantri...semoga hal kayak gini ga bakalan terjadi lagi..

    BalasHapus
  6. i......innaillahi wa innailahi roojiun
    smoga yg ditinggal diberi ketabahan
    Panitia ngeremihin pembagian zakat itu
    coba panggil Polisi n ptgas Medis pasti bs diatasi
    emang dr awal salah,cb orangnya rendah hati n percaya (ama badan Zakat) gk kyk gini critanya
    Pihak yg dirugikan bolh lho bareng* menggugat
    selain Polisi yg menuntut warga jg bs menggugat
    (^-^)
    yach ini juga sebagai pelajaran u/ kita agar tdk riya dan uga percaya kpd orang
    secara skr byk Badan Zakat terpercaya dimana* bs lewat ATM malah
    kalo (kalo lo ini) diselewengin oknum, pahala kita gk akan hilang kemana, coz kita niatnya kan Zakat, nanti sama Gusti Allah urusannya
    (^-^)

    BalasHapus
  7. Setau gue si,kalo zakat itu di berikan kepada amil zakat.Setelah itu baru di serahkan kepada si penerima zakat.
    Artinya,ga di berikan langsung.
    Gw heran dh,mbk/mas,orang yg ngasi zakat ini,mengerti ga ya,sistem pemberian zakat?Padahal dia haji,loh.Hehehehe.Apa cuma mau pamer,ya?

    BalasHapus
  8. menyedihkan seklaigus memprihatinkan

    BalasHapus
  9. sama sekali tidak ada koordinasi. Karena keteledoran dr pemberi zakat, sampe harus ada korban jiwa

    BalasHapus
  10. Mmg masyarakat kita belum sadar ttg budaya antri. Tapi kejadian yg kemarin juga dipicu capek ngantri

    BalasHapus
  11. kayaknya emang gitu kok jeng, merasa bisa ngatasi sendiri

    BalasHapus
  12. kayaknya sih gitu, naudzubillahiminzalik

    BalasHapus
  13. Maunya beramal malah jadi musibah, malah menghilangkan nyawa 21 orang. Waduh gimana rasanya ya? Semoga bisa buat pelajaran ya?

    BalasHapus
  14. menyedihkan banget ya jeng.... aku juga baru saja nulis tentang ini

    BalasHapus